Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Banten mengungkapkan telah memberikan pelatihan kepada 266 orang di bidang barista dan content creator melalui program Unit Pelatihan Bergerak atau Mobile Training Unit Pelatihan Praktek Kerja (MTU Si Praja).

"Total hingga kini sudah ada 266 orang yang diberikan pelatihan di bidang barista dan content creator melalui Si Praja," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan di Tangerang, Senin.

Ujang mengatakan untuk pelatihan barista telah dilaksanakan di tujuh kelurahan yaitu Cipondoh, Pinang, Belendung, Cibodas, Gebang Raya, Jatake dan Nusaraya.

"Untuk di tujuh kelurahan, total peserta ada 136 orang," ujarnya.

Sementara untuk content creator, pelatihan telah dilaksanakan di Gedung Pemuda Kecamatan Periuk, Kecamatan Cibodas, Kelurahan Cibodas, Kelurahan Jatake, Kelurahan Neroktog, Kelurahan Pabuaran Sibang dan Kelurahan Pakojan.

"Total peserta ada 130 orang," katanya.

Baca juga: Di Kota Tangerang, klakson telolet dilarang

Ujang menambahkan saat ini sosialisasi mengenai layanan program Mobile Training Unit Pelatihan Praktek Kerja terus disampaikan kepada masyarakat agar semakin banyak peserta yang diberikan pelatihan.

Perlu diketahui, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) telah meluncurkan program MTU Si Praja sejak Februari. Ini merupakan pengembangan pelatihan yang sebelumnya berbasis di satu tempat seperti Balai Latihan Kerja (BLK) tiap kecamatan atau kelurahan.

"Pelatihan ini gratis, masyarakat atau komunitas tinggal ajukan kepada Disnaker untuk mendapatkan pelatihan ini. Siapkan tempat, nanti kita akan datang," ujarnya.

Si Praja ini mengemban misi khusus sebagai upaya Disnaker untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Tangerang. Tidak hanya itu, melalui Si Praja ini diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada.

"Kita menjangkau lebih masif dengan datang langsung melalui dua kendaraan yang kita siapkan ini," pungkas Ujang Hendra Gunawan.

Baca juga: Catat, bukti bayar pajak bisa dicek di aplikasi "Tangerang LIVE"

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023