Cilegon (Antara News) - Dinas Kesehatan Kota Cilegon menyelenggarakan acara lokakarya kajian pembiayaan kesehatan Daerah atau District Health Account (DHA) tahun 2017, yang diselenggarakan di Aula Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Kamis (23/11).

Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Sari Suryati dalam sambutannya menjelaskan kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan.

"Kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memeliki peran penting dalam upaya penanggulanagan kemiskinan, pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)," ujarnya. 

Lebih jauh, menurut Sari kegiatan ini telah dilakukan Dinas Kesehatan selama 7 tahun. "Kegiatan ini telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2017, dan Kota Cilegon merupakan Kota satu-satunya di Provinsi Banten yang menggelar acara ini," terangnya.  

Sari juga mengingatkan kepada Dinas Kesehatan agar terus melakukan kegiatan ini setahun dalam sekali.

"Mengingat pentingnya fungsi dan evaluasi pembiayaan kesehatan (DHA), maka perlu dilakukan secara terus menerus setiap tahun agar amanat pasal 170 BAB XV tentang pembiayaan kesehatan pada Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dapat tercapai," ungkap Sari. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dr. Arriadna dalam sambutannya menjelaskan tujuan diadakannya acara ini guna untuk mendapatkan gambaran pembiayaan kesehatan secara menyeluruh.

"Tujuan dari kegiatan DHA ini adalah mendapatkan gambaran pembiayaan kesehatan secara menyeluruh di Kota Cilegon bersumber pemerintah dan non pemerintah dan sejumlah donor serta memanfaatkan hasilnya untuk perencanaan,” jelasnya. 

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kota Cilegon akan selalu melakukan kegiatan ini setiap tahun sekali agar dapat lebih meningkatnya kesehatan masyarakat. “Agar lebih meningkatkan pelayanan kemasyarakat, Dinas Kesehatan Akan Selalu melaksanakan kegiatan ini ditahun kedepannya,” ungkapnya.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017