Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 
 
Ketua KPU Provinsi Banten, Muhammad Ihsan, di Serang, Senin, mengatakan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) akan menjalani tugas selama satu bulan ke depan 
 
"Coklit ini berlangsung selama satu bulan, mulai dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024," katanya. 

Baca juga: Gubernur Banten imbau seluruh ASN jaga netralitas pada pilkada
 
Total warga Banten yang di coklit ada 8.859.352 pemilih dengan jumlah laki-laki 4.453.747 dan perempuan 4.405.605 dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). 
 
"Untuk total petugas pantarlih sebanyak 32.940  yang tersebar di 16.985 TPS pada delapan Kabupaten/Kota se Provinsi Banten," katanya. 
 
Petugas pantarlih nantinya akan mendatangi rumah-rumah pemilih untuk melakukan coklit data yang dimiliki oleh KPU dan disandingkan dengan data kependudukan yang dimiliki oleh Pemilih seperti KTP-el, Kartu Keluarga, Identitas Kependudukan maupun Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Baca juga: Zulkarnain-Lerru penuhi syarat administrasi perseorangan Pilkada Tangerang
 
Tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dan strategis bagi terselenggaranya Pilkada yang berkualitas. 
 
"Tahapan ini menentukan tahapan Pilkada selanjutnya misalnya untuk alokasi logistik, strategi sosialisasi pilkada serta pemungutan dan penghitungan suara," katanya. 
 
Pihaknya berharap kegiatan coklit ini dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan dapat berjalan dengan lancar. 
 
"Saya berpesan kepada pantarlih dalam melaksanakan coklit untuk melakukan koordinasi dengan PPS dan RT/RW, menggunakan atribut pantarlih ketika bertugas, melaksanakan coklit dengan mendatangi rumah-rumah pemilih, mengisi formulir coklit, mengisi dan menempel stiker coklit dan mengisi laporan coklit," pungkas Muhammad Ihsan.

Baca juga: Polresta Soetta siap bersinergi jaga kambtibmas Pilkada 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024