Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang targetkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang sebanyak 70 persen dari jumlah pemilih tetap.
 
"KPU menargetkan, 70 persen lebih partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Serang," kata Ketua KPU Kabupaten Serang Muhamad Nasehudin, di Serang, Kamis. 
 
Ia mengatakan, partisipasi masyarakat pada Pilkada 2015 hanya mencapai 50 persen dan pada 2020 naik menjadi 60 persen. Untuk 2024 diharapkan bisa sampai 70 persen. 
 
"Harapan kita lebih baik dari Pilkada sebelumnya, mudah-mudahan tercapai," katanya menambahkan.

Baca juga: Ini hasil survei Pandawa Research untuk Pilkada Banten
 
KPU juga telah melakukan upaya untuk mencapai target partisipasi masyarakat, salah satunya melalui launching maskot dan jingle sebagai penanda kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada Kabupaten Serang sudah berjalan. 
 
"Masyarakat yang hadir bisa menyampaikan atau menginformasikan bahwa Pilkada Kabupaten Serang sudah berjalan. Saya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pilkada ini dengan lancar," katanya menjelaskan.
 
Sebelumnya, KPU Kabupaten Serang meluncurkan maskot Pilkada yakni Dama Dami yang artinya Datang Bersama Datang Memilih. Filosofinya berkaitan dengan budaya lokal atau khas lokal Kabupaten Serang dengan kedisiplinan salah satu di antaranya. 
 
"Itu kita mengangkat local wisdomnya, agar mudah diingat dan disosialisasikan kembali oleh masyarakat," pungkas Muhamad Nasehudin.

Baca juga: Aap Aptadi gandeng Arif Maulana jadi bacawabup Pilkada Pandeglang jalur Independen

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024