Kementerian Sosial menyalurkan program bakti sosial (baksos) melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dan Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten.
 
Sekretaris Ditjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Salahudin di Serang, Jumat, mengatakan Kementerian Sosial memberikan bantuan kepada penerima manfaat terutama yang masuk dalam kategori masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), dan data Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).
 
”Bantuan ini sebagai bukti negara hadir untuk memastikan bahwa mereka data mereka diterima untuk menerima bantuan. Kemensos tujuannya bagaimana sampai langsung ke masyarakat tanpa harus melangkahi dinas sosial baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, tetapi membangun sinergitas,” ujarnya usai memberikan bantuan di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.
 
Kehadiran Kemensos diharapkan menjadi inisiatif untuk bisa lebih mendekatkan kepada masyarakat. Begitu pula dengan pemerintah provinsi, kota dan kabupaten pasti akan melakukan hal yang sama.
 
”Tujuannya tidak ada yang lain kecuali untuk memastikan bahwa kehadiran negara sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang itu terwujud di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga: Santri diharapkan turut bangun ketahanan pangan
 
Bantuan Kemensos untuk Kabupaten Serang pada kegiatan baksos berupa program Atensi dan Pena mencapai Rp1,3 miliar dengan rinciannya meliputi alat bantu disabilitas senilai Rp500 juta, paket sembako dan nutrisi Rp584 juta, dan sarana kamar senilai Rp17 juta.

Kemudian pemberdayaan masyarakat senilai Rp120 juta, bantuan transpor penerima manfaat lansia katarak dan penyandang disabilitas senilai Rp78,2 juta dan program Pena dari Direktorat Pemberdayaan KAT dan KS senilai Rp23,8 juta.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang Subur Prianto mengapresiasi atas rangkaian bakti sosial yang dilaksanakan Kementerian Sosial. Pihaknya juga menyambut baik atas bantuan yang disalurkan untuk masyarakat Kabupaten Serang.
 
"Kami sangat berterima kasih, bantuan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para penerimaan manfaat masyarakat Kabupaten Serang," ujarnya.
 
Adapun bagi para penerima manfaat yang menerima bantuan saat ini meliputi para penyandang disabilitas, penyandang operasi katarak dan layanan sosial lainnya yang memang belum mendapatkan layanan atau bantuan.
 
"Ini adalah satu bentuk kerja sama kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sinergitas kita harus saling mendukung,” ucapnya.

Baca juga: IKPP Serang salurkan 51 ekor hewan kurban untuk warga sekitar

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024