Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengimbau kepada seluruh kepala sekolah (kepsek) dan tenaga pendidik di Provinsi Banten untuk dapat melakukan sosialisasikan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara masif.

"Kepala Sekolah adalah ujung tombak yang melayani masyarakat pada bidang pendidikan, saya mohon PPDB ini dapat terkomunikasikan dengan baik, dan dapat diinformasikan seluas-luasnya untuk menghindari adanya kecurangan," katanya di Serang, Kamis.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya pada bidang pendidikan. Hal itu dilakukan guna meningkatkan angka partisipasi sekolah di Provinsi Banten.
 
"PPDB adalah satu hal yang setiap tahun dilakukan, tentu kita menindaklanjuti berbagai hasil evaluasi dari tahun sebelumnya untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya dalam rangka akses ke sekolah negeri. Baik itu SMA, SMK dan sederajat," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Tangerang minta PPDB dijalankan objektif dan transparan
 
Dalam rangka mendekatkan layanan pendidikan kepada masyarakat untuk mendapatkan akses pendidikan. Pemprov Banten setiap tahunnya terus meningkatkan sarana prasarana sekolah, diantaranya ruang kelas baru (RKB) hingga membangun unit sekolah baru (USB).
 
"Kemudian kita juga mendorong peran serta sekolah swasta, beberapa pembiayaan kita alokasi untuk mendukung sekolah swasta. Tetapi yang harus kita pahami ini adalah hak masyarakat untuk mendapatkan pilihan layanan pendidikan dan ini menjadi tanggungjawab kita bersama," katanya.
 
Dalam melakukan pengawasan pelaksanaan PPDB tahun 2024. Pihaknya mengajak seluruh stakeholder bersama-sama turut serta, sebagai upaya membangun kesadaran bersama.
 
"Pengawasannya sudah terstruktur, kita semua berperan dan mudah-mudahan dengan ikhtiar kita ini akan membangun kesadaran bersama. Nanti kita akan mengecek secara langsung, saya ada di lapangan untuk hal ini," katanya.
 
Pada PPDB 2024 untuk SMA akan dilaksanakan dengan empat jalur, yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua serta prestasi akademik dan non-akademik.
 
Untuk jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan orang tua dilaksanakan pada 19- 23 Juni 2024. Untuk jalur prestasi akademik dilaksanakan 1-Juli 2024 dan non akademik 30 Juni sampai 2 Juli 2024 pendaftaran dilakukan secara online.

Baca juga: Disdik Kota Tangerang buka pendaftaran PPDB jenjang SD jalur zonasi

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024