Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten memantau dan mengendalikan harga pangan pada komoditi bawang putih menjelang perayaan Idul Adha 1445 H dengan menggelar operasi pasar.

Pengendalian harga pangan terutama bawang putih tersebut dilakukan bersama Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR) dan PT Mitra Kerta Raharja (MKR).

"Kali ini kita menggelar operasi pasar bawang putih dalam rangka menekan inflasi daerah yang digelar di Kecamatan Sepatan, khususnya jelang Hari Raya Idul Adha," kata Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Jelang Idul Adha, DPKP Tangerang pastikan stok dan harga beras terkendali

Ia menyebut pada operasi pasar ini, bawang putih dijual dengan harga normal kisaran Rp29.500/kg. Harga itu dinilai jauh di bawah harga pasar saat ini yang berkisar Rp37.000 hingga Rp40.000/kg. 

"Semoga operasi pasar ini benar-benar bisa memberikan dampak signifikan untuk menurunkan inflasi dan meringankan beban masyarakat," katanya menambahkan.

Dia pun berharap, melalui operasi pasar bawang putih dapat meringankan beban masyarakat di Kabupaten Tangerang dalam memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha.

Sementara itu, Direktur Administrasi dan Keuangan Perunda Pasar NKR, Rhazes Faza menambahkan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen menekan laju inflasi daerah, terkhusus pada pengendalian harga bawang putih yang saat ini sedang naik cukup signifikan di pasaran.

"Dalam operasi pasar bawang putih ini, kita menyiapkan 400 kg bawang putih yang akan dijual ke masyarakat dengan harga Rp. 29.500/kg," kata Faza.

Baca juga: Bupati Tangerang minta PPDB dijalankan objektif dan transparan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024