Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid diperiksa oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten terkait dengan nama pejabat tersebut pada bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Laporan tersebut sudah masuk ke kita dan saat ini sedang proses pemeriksaan. Yang sudah dilakukan pemeriksaan itu baru Kabupaten Tangerang," kata Kepala BKD Banten, Nana Supiana, di Serang, Rabu. 
 
Untuk proses pemeriksaan dan pemanggilan dilakukan untuk klarifikasi terkait Netralitas ASN. Dan selanjutnya ditindak lanjuti dan bisa berkembang minimal tiga kali pemeriksaan untuk memenuhi alat bukti. 
 
"Untuk yang diperiksa sekarang masih menunggu hasil assesmentnya saja, karena baru sekali dilakukan pemeriksaan," katanya. 

Baca juga: Pemkab Tangerang targetkan 284.085 anak dapat akses posyandu
 
Nana mengatakan bahwa ASN boleh saja mencalonkan diri sebagai kepala daerah akan tetapi dengan kode etik yang harus dilalui mulai dari izin atasan dan mengundurkan diri untuk tetap menjaga netralitas ASN. 
 
"ASN juga boleh nyalon karena itu menjadi hak mereka. Akan tetapi dengan kode etik yang harus dilalui mulai dari izin atasan dan mengundurkan diri untuk menjaga netralitas ASN nya itu, maka dia harus memenuhi itu kalau mau berpolitik," katanya. 
 
Ia menjelaskan meskipun belum ditetapkan sebagai calon maka sudah seharusnya ASN mengundurkan diri, karena jangankan mencalonkan diri berpihak kepada calon saja tidak boleh. 
 
"Untuk sanksi beratnya bisa diberhentikan tidak dengan hormat, sedangkan untuk sanksi sedangnya itu bisa penurunan pangkat, dan tukin tidak dibayarkan," katanya. 

Baca juga: Uday-Pujianto lolos verifikasi administrasi calon perseorangan Pilkada Pandeglang
 
Nana mengaku sejak awal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sudah melakukan upaya untuk menjaga netralitas dengan melakukan sosialisasi mengenai netralitas ASN dengan Kesbangpol, Gubernur dan Sekda. 
 
Diketahui ada enam ASN di Banten yang masuk dalam bursa Pilkada 2024 diantaranya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Serang Wahyu Nurjamil, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Pandeglang Rd Dewi Setiani, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, Kasatpol PP Kab Tangerang Agus Suryana, Kadishub Kabupaten Tangerang Ahmad Taupik, dan Asda 1 Provinsi Banten Komarudin. 

Baca juga: Puan Maharani nilai Anies Baswedan menarik untuk Pilkada Jakarta

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024