Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengapresiasi penjualan produk UMKM dalam ajang Indonesia City Expo (ICE) 2024 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Menurut laporan hasil penjualan berbagai produk, telah mencapai Rp6,4 juta hanya di hari pertama selepas pembukaan kemarin," kata Nurdin usai meninjau booth UMKM Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang di ICE 2024 dalam keterangan yang diterima di Tangerang, Rabu.

Pj Wali Kota Nurdin bersama sejumlah pejabat Pemkot Tangerang hari ini menghadiri sidang pleno sekaligus penutupan Rakernas Apeksi 2024 yang dilanjutkan dengan mengunjungi booth-booth UMKM dari berbagai kota dalam Indonesia City Expo (ICE) 2024

"Alhamdulillah, booth UMKM Kota Tangerang ramai pengunjung dan peminat ya. Tidak cuma berbelanja tapi juga banyak yang berswafoto di booth kita," ujarnya.

Baca juga: Di Rakernas Apeksi Balikpapan, Kota Tangerang kenalkan produk unggulan

Ia pun optimistis bahwa produk-produk UMKM Kota Tangerang dinilai sudah siap untuk naik kelas dan bersaing di pasar nasional bahkan global.

"Terlebih di ajang sebesar ICE ini, ada banyak hal serta inspirasi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang bisa menjadi sarana untuk studi banding agar kualitas dan produktivitas dari produk sekaligus pelaku UMKM di Kota Tangerang dapat terus meningkat," katanya.

Dirinya berharap melalui ajang ICE 2024 di Kota Balikpapan ini dapat semakin meningkatkan kreativitas serta inovasi dari para pelaku UMKM di Kota Tangerang.

"Jangan cepat puas ataupun menyerah, teruslah mengeskplorasi agar semakin kreatif, inovatif dan berdaya saing," tukas Nurdin.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024 berlangsung 3- 6 Juni 2024.

Baca juga: Untuk pelaku UMKM, Pemkab Tangerang siapkan bantuan modal usaha

Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi mengatakan terdapat 16 produk dari 12 UMKM Kota Tangerang yang dijajakan di stan Kota Tangerang dan telah melewati proses kurasi.

"Dari sekitar 15.000 UMKM Kota Tangerang, kami telah melakukan kurasi dari segi lagalitas administrasi usahanya, serta dilihat dari segi kualitas produk, packaging, dan yang terlebih memiliki barcode produk. Akhirnya ada 16 produk yang mejeng di Indonesia City Expo Apeksi 2024 ini," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan 12 UMKM tersebut merupakan produk makanan ringan, fesyen, kerajinan dan aksesoris diantaranya Diftria Art Crafting, Batik Dewi Sambi, Batik Menik, Salameena Hijab, Khimara Mukena dan Mikaylaku Fashion.

"Saat pertama pembukaan stand Kota Tangerang, Keripik Tempe Cup List, Love Semprong, Dodol Ny. Law, paling laris diborong. Di sini juga ada Snazzy Boom Arum Manis, Davina Coklat, serta nasi kebuli instan, nasi uduk instan, nasi kuning instan, Laksa Pop yang semuanya produk Bintang Sawi," ungkap Suli.

Baca juga: Pemkot Tangerang kurasi 105 produk UMKM ikuti "UMKM Award"

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024