Pemerintah Kota Tangerang, Banten, memperkenalkan produk-produk lokal unggulan dalam ajang Indonesian City Expo (ICE) di Dome BSCC, Kota Balikpapan dalam rangkaian Rakernas XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024.

"Ini merupakan kesempatan sekaligus ajang untuk memperkenalkan produk-produk lokal dari UMKM kita terlebih ini adalah ajang kelas nasional di mana ada banyak pengunjung dari berbagai daerah di seluruh Indonesia," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman dalam keterangannya diterima di Tangerang, Selasa.

Sekda Herman meninjau langsung booth UMKM Kota Tangerang yang menghadirkan berbagai produk UMKM khas Kota Benteng mulai dari produk makanan olahan, pakaian hingga kerajinan tangan.

Ia berharap keikutsertaan UMKM dalam ajang ICE 2024 dan juga ajang pameran lainnya di berbagai daerah dapat semakin meningkatkan kualitas serta produktivitas produk-produk UMKM asli Kota Tangerang.

"Agar para pelaku UMKM Kota Tangerang dapat lebih termotivasi dalam menjalankan UMKM-nya dan masyarakat jadi lebih bangga dengan produk-produk lokal khas Kota Tangerang dan juga produk-produk lokal negara kita." harap Herman.

Baca juga: Presiden Jokowi tawarkan ART jadi transportasi massal terbaru di perkotaan

Salah seorang pengunjung expo, Irna mengaku tertarik dengan kualitas produk dari UMKM Kota Tangerang yang tampil di ICE 2024.

"Kualitasnya bagus dan harganya murah, teman-teman juga tadi pada suka. Insha Allah nanti akan saya ajak juga teman-teman lain agar ikut berbelanja," katanya.

Sementara itu Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang menampilkan Jembatan Berendeng pada stan di Indonesia City Expo (ICE).

Baca juga: Catat, Pemkot Tangerang masih buka layanan konsultasi hukum gratis

Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi mengatakan Jembatan Berendeng merupakan salah satu landmark Kota Tangerang yang ikonik.

"Kami ingin menampilkan sesuatu yang menarik pada stan Kota Tangerang. Sehingga kami mendekorasi stan Kota Tangerang dengan tema Jembatan Berendeng, agar pengunjung bisa mengenal salah satu landmark Kota Tangerang pada pameran ini," kata dia

Suli pun mengatakan pada stan Kota Tangerang terdapat 16 produk dari 12 UKM yang telah melewati proses kurasi. Produk tersebut merupakan produk unggulan Kota Tangerang yang telah dilengkapi dengan legalitas usahanya.

"Kami melakukan kurasi secara matang, dimana produk-produk yang mejeng di stan Kota Tangerang telah lengkap legalitas administrasinya, serta sudah mengikuti pelatihan yang diadakan untuk pelaku usaha. Kami berharap produk-produk UKM dapat berkembang dalam segi pemasaran dan kualitasnya," ujar Suli.

Indonesia City Expo menjadi gerbang kesempatan antara pelaku UKM dengan investor yang datang. Tentunya ini merupakan yang terbesar, dimana terdapat 400 partisipan yang hadir pada ICE Business Forum Apeksi 2024.

Baca juga: Peserta didik di bawah 6 tahun disertai rekomendasi psikolog

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024