Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang, Banten menguatkan sinergitas dalam mensosialisasikan pencegahan dan memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana di Tangerang, Senin mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah memperkuat dalam menjaga kondusifitas lingkungan terutama pada peredaran narkoba yang saat ini menjadi ancaman bagi generasi bangsa.

"Kami akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti aparat kepolisian serta pihak kecamatan dan kelurahan/desa, untuk memastikan di wilayahnya tidak ada lagi penggunaan Narkoba," katanya.

Baca juga: Antisipasi penyalahgunaan narkotika, Pemkot Serang lakukan tes urine

Menurutnya, peningkatan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan bahaya penyalahgunaan, sanksi hukum dan kesadaran untuk mencegah secara bersama-sama agar tidak menjadi korban penggunaan barang haram tersebut.

Dia berharap, dengan menggelar Rakor Forkopimda tersebut menjadi komitmen bersama serta langkah yang tegas dalam menekan peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Kami komitmen bersama serta langkah yang tegas dalam menekan peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Tangerang," ujar dia.

Baca juga: BNN Banten musnahkan 21 kilogram sabu kiriman dari Malaysia

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten Ainul Mardhiah memaparkan, Indonesia saat ini berada pada situasi darurat narkoba, dengan pangsa pasar yang cukup menggiurkan mengingat luas wilayah yang luas.

"Alhamdulillah, seberat 21 Kg, narkoba kita gagalkan penyebarannya di wilayah Banten pada akhir-akhir ini.," ungkapnya.

Selain itu, pengedar narkoba saat ini sudah melakukan peredaran dengan berbagai cara, dengan menyeludupkan di perut ikan, kacang kedelai, di barang bawaan serta di buah pisang bahkan dalam dubur manusia.

"Maka dengan adanya forum ini kita berharap kepada semua stakeholder agar tetap waspada dan komitmen dalam pemberantasan narkoba di Indonesia Khususnya di Kabupaten Tangerang demi generasi yang berkualitas," tutup dia.

Baca juga: BNN Provinsi Banten tangkap kurir sabu yang dikendalikan dari Lapas Tangerang

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024