Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin meminta organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup pemkot setempat dapat memenuhi kebutuhan yang disampaikan para pengepul sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing, terkait dengan pendidikan, jaminan kesehatan dan air minum.

"Apa yang bapak, ibu sampaikan ini akan segera dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait agar segera direalisasikan," kata Pj Wali Kota Nurdin dalam kegiatan Anjangsana dengan masyarakat di sekitar TPA Rawa Kucing di Tangerang, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Nurdin berdiskusi sekaligus menampung aspirasi dari warga sekitar yang mayoritas bekerja sebagai pengumpul sampah di TPA seluas 34,8 hektare tersebut.

"Terima kasih kepada bapak ibu sekalian yang sudah berkumpul. Akhirnya, setelah beberapa kali ke sini, kita dapat bersilaturahim dan berdiskusi bersama hari ini," ujarnya.

Baca juga: DLH Kota Tangerang: TPST3R berhasil olah 2,7 juta kg sampah

Didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Camat Neglasari, Pj Wali Kota Nurdin mendengarkan berbagai keluhan serta masukan dari masyarakat terkait persoalan-persoalan di TPA Rawa Kucing.

"Terima kasih atas aspirasinya. Pada dasarnya Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen dan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ujarnya.

Ia terus mendorong upaya pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang nantinya dapat berimbas pada peningkatan nilai dari sampah itu, sehingga dapat menjadi potensi dan sumber penghasilan bagi para pengumpul dan pengelolaannya juga.

"Karenanya, mohon bantuan dan kolaborasi dari bapak, ibu juga agar pengolahan sampah di Kota Tangerang dapat lebih efektif dan optimal," katanya.

Baca juga: DLH Tangerang diinstruksikan optimalkan TPST olah sampah masyarakat

Dalam kegiatan tersebut, Pj Wali Kota Nurdin juga membagikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat sekitar TPA Rawa Kucing.

Rahmat, salah satu warga pengumpul sampah di TPA Rawa Kucing mengapresiasi kedatangan dan kepedulian Pemkot Tangerang kepada pekerja di TPA Rawa Kucing.

"Kami senang sekali bisa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menyampaikan aspirasi. Tentunya ini adalah momen yang sangat bagus. Semoga Kota Tangerang dapat senantiasa makmur dan sejahtera," katanya.

Baca juga: Kodim 0602/Serang dorong pengelolaan sampah organik

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024