Dinas Kesehatan Kota Serang di Provinsi Banten menyatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilaksanakan bahwa semua Jamaah Calon Haji yang akan melaksanakan ibadah haji 2024 ke Tanah Suci Makkah dalam keadaan sehat semua.
 
"Semua jamaah layak melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah atau kondisinya sehat semua," kata Kadis Dinkes Kota Serang Ahmad Hasanuddin di Serang, Rabu.
 
Selain melakukan pemeriksaan kesehatan JCH, pihaknya juga telah menyiapkan empat tenaga medis sebagai petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan bagi JCH ketika berada di Tanah Suci Mekkah.
 
"Petugas kesehatan haji yang disiapkan itu dua dokter dan dua perawat," katanya.

Baca juga: JCH asal Kota Serang tahun ini bertambah 180 orang
 
Pihaknya bersama Kemenag Kota Serang telah melakukan antisipasi kepada para JCH untuk tetap menjaga kesehatan dengan menjaga asupan gizi dan teknis untuk mendapatkan pelayanan kesehatan jika ada keluhan kesehatan di Arab Saudi.
 
"Pola makan harus mulai dijaga dari sekarang, termasuk saat berangkat supaya tidak makan yang pedas, karena perjalanan dari Serang ke Mekkah cukup memakan waktu yang sangat lama," katanya.
 
Sementara itu, pemeriksaan kesehatan untuk CJH ada beberapa tahapan. Seperti pemeriksaan medis, pemeriksaan kognitif, pemeriksaan kesehatan mental dan pemeriksaan kemampuan melakukan aktivitas keseharian secara mandiri.

Baca juga: Pemkot Serang kembali raih WTP LKPD BPK RI
 
"Kalau sekarang itu istilahnya istithaah jadi kesehatan menjadi syarat pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan keberangkatan jemaah haji, maka yang berangkat itu sudah dipastikan sehat semua," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinkes sebutkan jamaah haji Kota Serang dalam kondisi sehat

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024