Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar melepas keberangkatan jamaah haji kloter sembilan gelombang satu Kota Serang di halaman Kantor Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang.

"Kita telah mengantar jamaah haji yang juga diantar oleh masyarakat, meriahnya luar biasa," kata Al Muktabar di Serang, Banten, Selasa.
 
Al mengatakan ini sebuah peristiwa yang sangat baik, karena ini adalah melengkapkan rukun Islam bagi umat Muslim. 
 
"Pak Presiden dan Wakil Presiden mengikhtiarkan kuota haji untuk ditambah, dan tahun ini sekitar 240 ribu orang se-Indonesia," katanya.

Baca juga: Omzet pedagang perlengkapan haji di Cilegon meningkat
 
Ia berpesan kepada jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan selama melakukan ibadah haji, mengingat suhu di Arab Saudi sangat panas, yakni di kisaran 40 sampai 48 derajat Celsius.
 
"Kita berangkatkan dari Serang hari ini dan transit di Pondok Gede, setelah itu lanjut ke Makkah, semuanya sudah siap. Kita minta agar jamaah harus dalam kondisi fit dan menjaga kebugaran tubuhnya, terutama di saat puncak ibadah haji, karena suhu di sana sangat panas," ujarnya.
 
Al mengatakan Banten sebagai provinsi dengan jamaah terbesar keempat di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya berharap jamaah akan mendapatkan haji yang mabrur.
 
"Sehingga, beliau nanti pulang dengan selamat bersama kita lagi dan nanti kita jemput bersama. Kemudian, beliau juga akan menjadi teladan bagi kita menggenapkan rukun Islam kelima," katanya.
 
Jamaah haji asal Kota Serang yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2024 berjumlah 1.070 calon haji, yang terbagi dalam empat kloter pemberangkatan dan yang diberangkatkan pada gelombang satu berjumlah 440 calon haji.

Baca juga: Kemenag harap asrama haji Tangerang bisa untuk keberangkatan

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024