Pemerintah Kota (Pemkot) Serang Banten, melakukan evaluasi penyerapan anggaran pada pelaksanaan program pembangunan pemerintah Kota Serang tahun anggaran 2023.

Penjabat Wali Kota Serang Yedi Rahmat, di Serang, Kamis, mengatakan evaluasi ini merupakan sebuah proses untuk merumuskan dan merancang suatu program kegiatan Pemkot Serang yang dilakukan secara bersama-sama.
 
"Pada kegiatan ini kami merumuskan suatu program dan kegiatan bersama-sama guna mempercepat pembangunan dan perwujudan, sebagai acuan pada saat proses penyusunan pelaksanaan program pembangunan ke depan," ujarnya.

Baca juga: Dishub Kota Serang terapkan skema e-parkir tahun ini
 
Ia berharap dengan terlaksananya rapat pimpinan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) ini, pelayanan yang ada di Kota Serang bisa menyelesaikan dan meningkatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya.
 
"Saya harap usai kegiatan ini, semuanya bisa menyelesaikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan jadwal dan target masing-masing OPD," katanya.
 
Sekda Kota Serang Nanang Saefudin mengatakan amanat dari kegiatan evaluasi ini agar setiap OPD penghasil dapat mengevaluasi dan berinovasi.
 
"Disperindagkop, DLH, Dinas Ketapang, Dishub, Bapenda, pejabat kewilayahan agar mengoptimalkan pendapatan karena belanja kita tergantung dari sisi pendapatan," ujarnya lagi.

Baca juga: KPK dan Pemkab Serang gelar bimtek keluarga berintegritas cegah korupsi
 
Ia pun menyinggung kemandirian fiskal yang masih ketergantungan dana dari pemerintah pusat.
 
"Fiskal kami sangat ketergantungan dengan dana transfer dari pemerintah pusat, kalau pemerintah provinsi cenderung menurun dari Rp50 miliar sampai tahun ini Rp16 miliar," katanya pula.
 
Pemkot Serang akan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam anggaran, serta tingkat koordinasi dan komunikasi dengan baik antara lembaga vertikal.
 
Realisasi belanja yang sudah masuk triwulan II, sehingga dia pun menyampaikan pencapaian belanja Kota Serang baru masuk dalam kisaran 13 persen sampai 14 persen beriringan dengan realisasi pendapatan.

Baca juga: Direktur UT Serang anjangsana ke Danrem 064/Maulana Yusuf

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024