Mantan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan periode 2019-2024 Benyamin Davnie bersama Pilar Saga Ichsan mengembalikan formulir persyaratan pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 ke kantor Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Tangerang, Selasa.

Diantar dengan sejumlah pengurus dan kader Partai Golkar, kehadiran Benyamin dan Pilar beserta rombongan disambut oleh Tim Penjaringan dan Pendaftaran Balon Walikota/Wakil Walikota DPC PDI Perjuangan yang diketuai Wanto Sugito.

"Hari ini saya bersama tandem saya yakni Pilar Saga sudah mengembalikan formulir penjaringan pencalonan kepala daerah Kota Tangerang Selatan ke DPC PDIP. Dan allhamdulilah sudah diterima oleh tim penjaringan PDIP," ucap Benyamin kepada awak media.

Baca juga: Untuk calon kepala daerah Tangerang, PKB pilih tokoh terbaik

Menurutnya, mekanisme penjaringan calon kepala daerah partai, harus tetap diikuti dan dijalankan, diantaranya mendaftar dan memenuhi syarat yang ditentukan tim penjaringan yang telah ditentukan oleh partai itu sendiri.

"Tentu dalam penyerahan ini kami menyerahkan data-data, riwayat pekerjaan, riwayat jabatan, dan lain sebagainya. Kami menunggu informasi dari DPC PDI Perjuangan untuk apa saja yang harus kita penuhi lagi," katanya.

Ia juga mengaku, selain ke PDI Perjuangan berkas pengembalian formulir pendaftaran ke partai lainnya akan segera diserahkan sebagai keseriusannya untuk maju menjadi calon kepala daerah Kota Tangerang Selatan.

"Nanti kita akan kembalikan ke beberapa partai. Dan kalau pun ada pembukaan penjaringan lagi di partai lain kami tentu akan ambil, seperti Demokrat dan PKB," tuturnya.

Baca juga: ASN calonkan jadi kepala daerah Tangerang wajib mengundurkan diri

Dia berharap, dengan mengembalikan berkas persyaratan pendaftaran ini merupakan bentuk keseriusan dirinya dalam mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah demi mewujudkan perubahan dan perbaikan bersama PDI Perjuangan.

"Sementara ini dari partai lain belum membuka penjaringan, tapi kalau ada peluang itu kita akan ambil termasuk dengan partai Nasdem," ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan dan Pendaftaran Balon Walikota/Wakil Walikota PDIP Wanto Sugito menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima penyerahan dokumen persyaratan pendaftaran bakal calon kepala daerah ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP dari mantan Walikota Dan Wakil Walikota Tangsel.

Ia menyebut, jika hari ini penyerahan berkas pendaftaran penjaringan calon kepala daerah di PDIP sudah berakhir per tanggal 30 April 2024.

"Besok pagi rencana kami akan melaporkan ke DPD dan DPP Partai, sebagai menyeleksi siapa saja tokoh yang telah mengembalikan formulir," katanya.

Baca juga: KPU Tangerang bentuk badan Ad Hoc Pilkada 2024

Pihaknya masih menerima pengembalian berkas pendaftaran hari ini sampai pukul 00.00 WIB. Tahap selanjutnya berkas pendaftaran akan disampaikan ke DPD dan DPP PDIP.

Pihaknya dalam pendaftaran bakal calon kepala daerah di PDIP tidak saja membuka ruang ke kader juga bakal calon di luar kader diperbolehkan untuk mendaftar.

"Kami sudah berkomunikasi terkait penjaringan ini dengan internal kami, tapi yang sampai saat ini yang sudah mengembalikan formulir hanya pak Benyamin dan Pak Pilar," kata dia.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024