Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten turut ambil bagian dalam kegiatan "RUKI BERGERAK" yang digelar serentak di seluruh Provinsi se-Indonesia sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-24 Tahun 2024, Banten.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto hadir langsung untuk memperkenalkan Kemenkumham Banten dan Kekayaan Intelektual kepada puluhan siswa di sekolah yang berlokasi di Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Rabu.

Lanjut, Dodot Adikoeswanto, Program Guru Kekayaan Intelektual yang disingkat menjadi RUKI adalah program yang berangkat dari pemikiran tentang pentingnya edukasi terkait Kekayaan Intelektual yang sudah selayaknya ditanamkan sejak di bangku sekolah. 

“Pengetahuan tersebut penting sebagai bekal untuk menciptakan generasi yang sadar akan pentingnya pelindungan dan menghargai Kekayaan Intelektual. Hal ini memiliki tujuan besar jangka panjang berupa kebangkitan ekonomi negara”, kata Dodot Adikoeswanto dalam keterangannya.

Baca juga: Kemenkumham Banten pastikan tren Kekayaan Intelektual terus meningkat

Memperkenalkan Kekayaan Intelektual kepada siswa/i sekolah tentu memiliki beberapa manfaat yang tak terbantahkan. Pertama, hal untuk membantu mengembangkan rasa hormat dan etika terhadap karya Kekayaan Intelektual orang lain. 

“Anak-anak diajarkan bahwa karya-karya orang lain seperti buku, lagu, atau gambar adalah hasil usaha dan kreativitas seseorang yang harus dihormati. Hal ini dapat mengajarkan siswa/i bahwa plagiarisme bahkan mengambil karya orang lain tanpa izin merupakan tindakan yang salah, bahkan dikategorikan pelanggaran hukum”, sambungnya.

Ia berharap, dengan memahami Kekayaan Intelektual juga turut membantu mengembangkan keterampilan kreatif. Siswa/i dapat terinspirasi oleh karya-karya orang lain, sehingga mendorong mereka untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakat, hingga menghasilkan karya maupun produk Kekayaan Intelektual. 

Tidak hanya di SMA Negeri 2 Kota Tangerang, kegiatan RUKI BERGERAK juga dilaksanakan serentak di 3 (tiga) sekolah lainnya, antara lain SMK Negeri 2 Kota Tangerang, SMK Negeri 3 Kota Tangerang dan SMK Negeri 4 Kota Tangerang.

Baca juga: Sambut Hari Kekayaan Intelektual 2024,Kemenkumham Banten Gelar MIPC

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024