Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang, Banten, menyebutkan sudah empat hotel yang bekerjasama untuk pembuatan gerai produk UMKM.

“Swiss Belhotel menjadi hotel keempat yang telah memiliki Gerai UMKM Kota Tangerang. Dimana sebelumnya telah diresmikan di Hotel Mercure, Golden Tulip dan Hotel Horison. Semoga terus bertambah dan terus diperluas,” kata Kepala Disperindagkop UKM Suli Rosadi di Tangerang Jumat.

Ia mengatakan kehadiran gerai UMKM di Swiss Belhotel merupakan implementasi Peraturan Wali Kota Tangerang Nomor 7 Tahun 2022 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro.

Dalam aturan itu, pelaku usaha menggandeng UMKM Tangerang Raya dalam memberikan fasilitas bagi produk-produk UMKM untuk dapat dipasarkan di setiap hotel di Kota Tangerang.

Baca juga: PD Pasar sebut UMKM jualan di Mal Plaza Shinta tidak dikenakan biaya

Ia juga menjelaskan jika Swiss Belhotel menjadi target karena memang salah satu hotel yang ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah dan posisinya yang berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Sehingga cocok untuk memasarkan produk UMKM untuk dikenal lebih luas wisatawan dalam dan luar Kota Tangerang,” kata Suli Rosadi

Direktur UMKM Tangerang Raya Babe Asdin menjelaskan, UMKM yang terlibat dalam Gerai UMKM ini merupakan produk-produk yang telah melewati proses kurasi. Yakni, dengan standar salah satunya tersertifikasi halal, MUI dan PIRT.

“Dari puluhan hotel yang dibangun di Kota Tangerang, pastinya akan terus kita kembangkan. Targetnya ialah hotel-hotel bintang tiga dan empat, dengan target sasaran yang lebih pasti khususnya mereka para wisatawan luar Kota Tangerang bahkan luar negeri,” katanya.

Baca juga: Disperindag Kota Tangerang gelar UMKM Award tanpa dipungut biaya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024