Pemerintah Kota Tangerang, Banten meluncurkan pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara serentak di seluruh fasilitas kesehatan untuk meningkatkan optimalisasi partisipasi KB.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Jatmiko di Tangerang, Jumat, mengatakan Faskes yang menyediakan pelayanan tersebut seperti rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, serta praktik bidan mandiri

"Kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak tanggal 18-26 April 2024 serta dalam rangka memperingati Hari Kartini 2024 di Kota Tangerang," ujarnya.

Tidak hanya mengampanyekan program KB di tengah masyarakat, program ini juga memanfaatkan pelayanan serentak agar dapat memberikan dampak signifikan untuk mencegah risiko stunting di Kota Tangerang.

Baca juga: Kota Tangerang perbanyak bangun "community center"

Pelayanan KB secara serentak tersebut akan direalisasikan dalam berbagai bentuk seperti dari pemasangan spiral (IUD), implan, pil KB, suntik KB, sampai penyediaan alat kontrasepsi (kondom).

“Pelayanan KB secara serentak ini juga mengakomodasi arahan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Banten dengan menyediakan pelayanan secara luas, baik untuk pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) maupun non-MKJP,” katanya.

Saat ini, pelayanan KB secara serentak mulai dilaksanakan di Puskesmas Cipondoh, Petir, Cibodas, serta akan disusul di seluruh fasilitas kesehatan di Kota Tangerang secara periodik dalam beberapa hari mendatang.

“Kami berharap pelayanan KB serentak ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di Kota Tangerang secara maksimal,” katanya.

Baca juga: Bandara Soekarno Hatta layani 2,5 juta penumpang selama angkutan Lebaran

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024