Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan pelayanan kesehatan dalam momen libur Lebaran tetap beroperasi untuk melayani masyarakat.

"Insyaa Allah pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Tangerang tetap berjalan. Dan untuk masyarakat yang melakukan balik mudik harap berhati-hati di jalan, jaga kesehatan dan keselamatan keluarga," kata Pj Wali Kota Nurdin di Tangerang, Banten, Jumat dalam keterangannya.

Ia mengatakan petugas kesehatan yang berjaga di pos pantau pun diminta untuk siaga menghadapi arus balik terutama bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Diharapkan pemudik yang merasa kelelahan dapat diberikan perawatan sejenak di pos pantau untuk kembali fit sebelum melakukan perjalanan lagi.

"Kota Tangerang ini menjadi jalur lintas pemudik. Maka itu kita harap pos pantau dapat optimal memberikan pelayanan kepada pemudik," ujarnya.

Baca juga: Warga Tangerang diminta gunakan bus pariwisata terpasang stiker laik jalan

Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah menyiagakan 20 puskesmas UGD, 17 puskesmas dan 34 rumah sakit selama musim mudik Lebaran berlangsung.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengatakan Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga menyiagakan petugas di enam Posko Kesehatan yang didirikan di jalur mudik mulai 4 – 16 April 2024.

Enam posko kesehatan tersebut didirikan di Rest Area 13,5 arah Jakarta – Merak, Rest Area KM 14 arah Merak – Jakarta, Pospam Tangcity Mal, Pospam Jatake Perum Magnolia, Pospam CBD Ciledug dan Pospam Terminal Poris Plawad.

Ia pun menjelaskan, enam posko kesehatan yang tersebar di jalur mudik di Kota Tangerang telah dilengkapi dengan ambulans gratis dan Ambulans Smart 119.

“Kami mengimbau, bagi para pemudik untuk dapat memanfaatkan fasilitas posko kesehatan mudik yang telah didirikan. Salah satunya, pemudik bisa memeriksakan kesehatannya di posko tersebut. Saat dirasa tubuh kurang sehat, terlebih bagi para pemudik yang mengendarai mobil atau sepeda motor dengan jarak jauh,” kata dia.

Baca juga: Pengumpulan zakat fitrah Kota Tangerang selama Ramadhan capai Rp8,7 miliar

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024