Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten mengimbau masyarakat yang ingin menggunakan bus pariwisata untuk liburan Lebaran agar teliti dengan memastikan telah terpasang stiker laik jalan.

"Kami imbau untuk lebih teliti memilih bus. Pastikan, bus yang kalian order telah terpasang stiker laik jalan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaley di Tangerang Jumat dalam keterangannya.

Ia mengatakan bus pariwisata memang harus melakukan ramp check sebelum digunakan angkutan mudik maupun perjalanan pariwisata. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan.

Baca juga: Menhub minta jajarannya di daerah pastikan kelaikan bus pariwisata

Karena biasanya bus pariwisata banyak digunakan masyarakat untuk angkutan libur Lebaran. Maka itu Dishub mengimbau kepada pelaku usaha untuk melakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu.

"Jika tidak memiliki stiker tersebut, dipastikan bus tersebut tidak lulus ramp check dan diragukan keamanannya," kata Suhaely.

Ia mengatakan ramp check meliputi tiga unsur, yaitu unsur administrasi mulai dari kepemilikan kartu izin muatan, kartu izin STUK, dan SIM pengemudi.

Unsur teknis utama di antaranya terkait sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan dan dimensi muatan.

terakhir unsur teknis penunjang yakni pengukuran kecepatan, sistem penerangan dan badan kendaraan serta kelengkapan kendaraan.

"Tak terkecuali terkait dengan wiper, lampu dan lainnya,” jelasnya.

Baca juga: Menko PMK soroti operator bus pariwisata selama musim libur Lebaran

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024