Dalam rangka mendukung semangat pemerintah menciptakan pengalaman mudik yang lebih aman, nyaman, dan bermakna bagi para pemudik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan inisiatif Tenda Mudik di Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon.

Tenda mudik ini bertujuan untuk memberikan informasi dan dukungan kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman, dengan tema "Mudik Ceria Penuh Makna".

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Kominfo, Bambang Dwi Anggono, dalam hal ini diwakili oleh Wiaji selaku Pranata Humas Ahli Muda, yang akrab disapa Aji menyampaikan tema tenda Mudik Ceria dan Penuh Makna sesuai dengan slogan pemerintah untuk mudik tahun 2024.

"Ini sesuai dengan slogan pemerintah untuk mendukung terciptanya Mudik Ceria Penuh Makna. Kami informasikan juga bahwa kami menyediakan informasi seputar mudik lebaran melalui buku elektronik mudikpedia ditautan  https://s.id/mudikpedia," kata Aji.

Baca juga: Pertamina buka posko mudik Lebaran di Tol Tangerang-Merak

Tenda Mudik di Terminal Pelabuhan Merak menawarkan berbagai fasilitas dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan keceriaan pemudik. Fasilitas tersebut meliputi kursi pijat gratis, pembagian healthy kit, kaos, hiburan musik, serta takjil gratis. Mengingat berdasarkan data Kementerian Perhubungan jumlah pemudik tahun ini diprediksi mencapai 193 juta orang di mana di antaranya melintas di Pelabuhan Merak.

PT ASDP Indonesia Ferry sebagai BUMN pengelola penyeberangan pelabuhan merak pun telah menyiapkan sejumlah mitigasi.

Mengacu posko merak 24 jam, total penumpang dari Jawa ke Sumatera dari H-7 hingga H-5 lebaran tercatat sebanyak n212.589 orang atau turun 5% dibanding realisasi periode tahun 2023 sebanyak 222.624, total kendaraan tercatat 46.250 unit atau turun 0.2% dibanding realisasi periode tahun lalu 46.349 unit kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kementerian Kominfo mengundang semua pemudik dan masyarakat umum untuk mengunjungi Tenda Mudik di Terminal Pelabuhan Merak dan merasakan pengalaman mudik yang ceria dan bermakna. Dengan kerjasama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, diharapkan arus mudik tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua.

Baca juga: Pemudik terjebak macet panjang di Tol Tangerang-Merak

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024