Menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H, Penjabat (Pj) Wali Kota Serang bersama jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan inspeksi mendadak (sidak) mengecek ketersediaan dan harga pangan.
 
Pejabat (Pj) Wali Kota Serang, Yedi Rahmat, di Serang, Banten, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sidak ke sejumlah ritel maupun pasar tradisional di Kota Serang. 
 
"Semua ini kita lakukan bagian dari upaya untuk memenuhi hak atas konsumen, jadi konsumen kita lindungi, masyarakat itu kita pastikan agar segala kebutuhannya, harga-harga di pasaran sesuai dengan apa yang telah ditentukan,” katanya.

Baca juga: Pantai Anyer dan Cinangka dipastikan aman untuk berlibur Lebaran
 
Untuk harga komoditas bahan pokok masih sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). 
 
"Tadi kita cek kebutuhan pangan di Lotte untuk stok daging masih aman dengan total sebanyak 10 ton daging sapi premium,  selain itu telur dan beras pun masih terpantau aman," katanya. 
 
Maka dari itu pihaknya meminta masyarakat Kota Serang untuk tidak khawatir, karena hasil dari sidak yang dilakukan ketersediaan stok daging, beras hingga kebutuhan pokok lainnya masih mencukupi hingga menjelang lebaran. 
 
"Dengan turunnya kami langsung ke lapangan menyampaikan masyarakat tidak perlu ketakutan bahwa ketersediaan bahan pokok sudah cukup," katanya. 

Baca juga: PMI Banten turunkan ratusan relawan bantu pemudik Lebaran
 
Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok menurutnya sejauh ini terbilang relatif aman dan mulai turun. 
 
"Harga bahan pokok sudah turun dan kami yakinkan ketersediaan bahan pokok di Kota Serang aman sampai lewat Lebaran 2024," katanya menambahkan.
 
Pemkot Serang akan melanjutkan kegiatan gerebek pasar murah sesuai dengan adanya instruksi pemerintah pusat dalam membantu meringankan beban masyarakat untuk memperoleh barang kebutuhan pokok yang murah dan terjangkau. 
 
"Mungkin kegiatan gerebek pasar murah akan terus berlanjut sampai setelah Lebaran 2024 nanti," pungkas dia.

Baca juga: Pastikan BBM aman saat mudik, Polres Serang sidak sejumlah SPBU

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024