Komisi VIII DPR RI memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten atas penyaluran bantuan sosial (bansos) yang tepat sasaran serta berkomitmen memberikan dukungan untuk pengentasan kemiskinan.

"Tadi kita mendengarkan penjelasan dari Pak Pj Bupati telah mendapatkan bantuan seperti PKH, BPNT serta bantuan sosial lainnya yang tentu seharusnya dapat membantu masyarakat Kabupaten Tangerang dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi, terutama bagi upaya kita meningkatkan kesejahteraan atau mengurangi angka kemiskinan ekstrem," kata ketua tim kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily di Kabupaten Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, dalam kunjungan kerja yang dilakukan pihaknya ingin memastikan peran penting Kementerian Sosial di Kabupaten Tangerang dan berdiskusi sejauh mana perumusan kebijakan para pemangku kepentingan di bidang sosial di Kabupaten Tangerang.

"Kami memandang bahwa peran penting dari Kementerian Sosial ini harus bisa kami pastikan hadir di tengah-tengah masyarakat termasuk di antaranya di Kabupaten Tangerang ini," katanya.

Baca juga: Pengentasan pengangguran jadi program utama rencana kerja di Tangerang

Menurut dia, Kementerian Sosial dengan program-programnya yang telah disetujui bersama Komisi VIII DPR RI memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun kesejahteraan sosial.

Berbagai program bantuan yang dilaksanakan Kementerian Sosial di Kabupaten Tangerang benar-benar tepat sasaran dan secara signifikan dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan ekstrem yang ada.

Oleh sebab itu, pihaknya mengapresiasi Pemkab Tangerang yang telah mampu menekan angka kemiskinan sampai dengan 6,9 persen, di bawah angka rata-rata nasional yaitu sebesar 9,2 persen.

"Kita sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dapat menekan angka kemiskinan di bawah angka nasional," ujarnya.

Ia pun berharap kunjungan kerja spesifik dari Komisi VIII tersebut nantinya juga dapat mendorong semakin banyaknya program-program sosial yang mengarah terhadap upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Ini juga bentuk pengawasan kami, bukan hanya dilakukan untuk Kementerian Sosial tapi juga Kementerian yang lain," kata dia.

Baca juga: THR ASN Tangerang dibayarkan sebelum cuti bersama Lebaran 2024

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024