Pedagang ketimun suri di Kabupaten Pandeglang, Banten mendapatkan berkah Ramadhan 1445 H karena mampu menumbuhkan ekonomi warga setempat.

Mereka berjualan di pinggir jalan raya Pandeglang menuju Labuan termasuk ke arah Pantai Carita.
 
"Kami sudah tiga hari berjualan dan bisa menghasilkan pendapatan Rp700 ribu/hari,"kata Mimin (55) seorang pedagang timun suri di Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang, Sabtu.

Menurut dia, hasil berjualan timun suri jelas menguntungkan. Apalagi buah yang dijual didapat dengan mudah karena dipasok petani lokal.

Baca juga: Pemkot Serang sediakan 300 kupon sembako di Gebyar Ramadhan bersubsidi

Timun suri yang dijual masyarakat mayoritas dari Kecamatan Jiput. Selain untuk memenuhi kebutuhan lokasi, timun suri juga dikirim ke beberapa wilayah seperti Tangerang, Serang dan bahkan Jakarta.
"Kami menjualnya timun suri itu rata-rata Rp25 ribu per bakul,"katanya menjelaskan.
 
Rohman (45) seorang pedagang di jalan Kadu Damas Kota Pandeglang mengaku dirinya berjualan timun suri setiap bulan Ramadhan karena bisa menghasilkan pendapatan ekonomi keluarga.
 
Pendapatan berjualan ketimun bisa menghasilkan uang sekitar Rp800 ribu per hari dengan asumsi keuntungan Rp400 ribu.
 
"Timun suri yang kami jual dipasok oleh petani yang sudah menjadi langganan," katanya menjelaskan.

Baca juga: Ngabuburit gratis di Kota Tangerang, yuk naik bus Jawara
 
Samsiah (60) warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan dirinya membeli ketimun suri dari Jiput Pandeglang karena kualitasnya cukup bagus.
 
"Kami membeli timun suri Rp50 ribu itu cukup banyak dengan dua bakul sehingga dapat membagikan ke tetangga,"katanya.
 
Sementara itu, Lili (50) petani warga Jiput Kabupaten Pandeglang mengatakan dirinya memasok timun suri ke pasar Tangerang dengan harga Rp5000/kg, sehingga bisa menghasilkan pendapatan Rp10 juta dari 2 ton itu.
 
Panen timun suri dari lahan seluas 10 petak sawah dan bisa menghasilkan sekitar 7 ton. Adapun musim tanamnya pada Januari dan panen mulai Maret hingga April.

Baca juga: Pemkab Tangerang larang warganya nyalakan petasan saat Ramadhan
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024