Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menggelar aksi Bersih Negeri di Kawasan Kesultanan Banten Lama dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024.
 
Penjabat (Pj) Wali Kota Serang Yedi Rahmat, di Serang, Banten, Jumat, mengatakan selain aksi Bersih Negeri juga sekaligus penanaman pohon di Kawasan Kesultanan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.
 
Aksi Bersih Negeri itu digelar serentak oleh 34 provinsi di seluruh Indonesia secara hybrid oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yang dipusatkan di Karawang, Jawa Barat.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Pj Gubernur dan KLHK yang menunjuk Kecamatan Kasemen, Kota Serang menjadi tuan rumah. Alhamdulillah sudah melaksanakan bersih-bersih dan menanam pohon,” katanya.

Baca juga: Kantor Bahasa Banten koordinasi antarinstansi lakukan revitalisasi bahasa daerah

Yedi mengatakan sampah yang sudah berhasil dibersihkan yakni sebanyak 2,21 ton dan sudah dipilah, ditimbang yang nantinya akan diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang.
 
Selain itu, Yedi juga mengatakan sesuai dengan pesan Menteri KLHK kepada pemerintah Kabupaten dan Kota Se-Indonesia faktor yang harus diperhatikan saat ini adalah sampah.
 
“Kami terjun langsung melihat kondisi di lapangan, rupanya masih ada sampah yang harus menjadi perhatian terutama tempatnya itu,” ungkapnya.
 
Menurutnya upaya pengelolaan sampah perlu kontribusi seluruh pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga masyarakat setempat.
 
"Karena sampah-sampah itu ada di sekitar masyarakat, baik di rumah tangga, pasar, industri, dan lain-lain. Jadi, secara serius harus menjadi perhatian bersama. Oleh karena itu, langkah masif seperti ini menjadi sangat penting," sambungnya.
 
Yedi mengaku sudah berkomunikasi dengan Kadis DLH agar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dianggarkan untuk pengadaan terkait bak kontainer sampah.

Baca juga: Prabowo Subianto-Gibran raih suara terbanyak di Kota Serang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024