Penjabat (Pj) Sekda Banten Virgojanti mengapresiasi capaian Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Korpri Banten selama ini dan diharapkan terus ditingkatkan.

"Saya lihat koperasi ini sudah menghasilkan laba bersih sekitar Rp1 miliar lebih, dan koperasi ini anggotanya juga mengalami peningkatan. Ini menjadi indikator bahwa koperasi sangat bagus," kata Virgojanti membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023 KPRI Korpri Banten di Gedung Korpri Banten di Kota Serang, Rabu.

Virgojanti mendorong KPRI Korpri Banten untuk terus meningkatkan kiprah-nya sebagai bentuk kontribusi dalam pembangunan daerah.

"Tentu saja koperasi dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah, dan ini yang kita harapkan. Kita ingin peran koperasi dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, seperti membantu dalam pembiayaan usaha produktif dan sebagainya," kata Virgojanti.

Baca juga: Pj Sekda Banten tekankan realisasi APBD selaras dengan kebutuhan masyarakat

Ia juga berharap koperasi Korpri Banten ini dapat menjadi contoh kemajuan koperasi bagi lembaga koperasi yang ada di Provinsi Banten.

Menurutnya, rapat tersebut dapat menentukan langkah dan kebijakan yang akan dilaksanakan oleh KPRI Korpri Banten kedepannya, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lembaga maupun lingkungan sekitar.

"Rapat anggota tahunan ini merupakan forum tertinggi bagi pengurus dan anggota dalam mengambil langkah kebijakan kedepannya, serta wadah untuk melakukan evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan selama satu tahun," kata Virgojanti.

Baca juga: Tekan inflasi, Banten gandeng daerah penghasil komoditas pangan

Sementara, Ketua KPRI Korpri Banten Iswandi Saptaji menyampaikan sebelum melaksanakan Rapat Anggota Tahunan, pihaknya telah melaksanakan audit yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

"Karena aset kita lebih dari Rp5 miliar, maka kita wajib di audit oleh KAP sebelum melaksanakan RAT," kata Iswandi.

Selanjutnya, Ia mengatakan terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian dalam melaksanakan Rapat Anggota Tahunan, di antaranya menyampaikan pertanggungjawaban hasil kerja selama satu tahun dan menentukan langkah kebijakan serta program kedepannya.

"Tadi kita diarahkan agar koperasi Korpri Banten ini dapat berkiprah lebih jauh lagi, dan itu menjadi target kami sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan," katanya.

Baca juga: Polda Banten apresiasi peran pers kawal Pemilu 2024 aman dan kondusif

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024