Pekan Raya Cibodas 2024 yang digelar Kecamatan Cibodas dalam rangka memeriahkan HUT Kota Tangerang ke 31 tahun menyediakan pangan murah berupa beras dengan harga Rp10.400 per kilogram.

"Warga yang ingin membeli beras dengan harga murah maka bisa datang ke kelurahan karena disediakan sebanyak dua ton," kata Camat Cibodas Buceu Gartina di Tangerang, Sabtu.

Buceu mengatakan sejak digelar 22 Februari 2024 lalu hingga kini, antusias masyarakat yang datang membeli sangat besar karena merupakan kebutuhan pokok utama.

Maka itu pihaknya melakukan pengaturan agar beras yang sudah disiapkan ini bisa diperoleh masyarakat secara merata dan jumlah yang sama.

"Kita atur dan pastikan tak ada yang membeli dalam jumlah berlebihan," katanya.

Baca juga: Tekan inflasi, Pemkot Tangerang ajak warga tanam sayuran

Sementara itu rangkaian HUT Kota Tangerang di Kecamatan Cibodas telah dilakukan sejak awal bulan Januari 2024 dengan menghadirkan program gebyar pelayanan administrasi kependudukan Sabtu-Ahad di Alun-Alun Cibodas pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Kegiatan tersebut berlangsung mulai Sabtu (13/1) hingga Minggu (25/2).

Tak hanya di alun-alun, pelayanan administrasi kependudukan juga digelar keliling menyambangi setiap kelurahan. "Bahkan ada juga pelayanan di malam hari yang dapat dijangkau masyarakat karena alun--alun cibodas selalu ramai di akhir pekan sehingga membantu masyarakat," kata dia.

Kemudian pada awal Februari, Kecamatan Cibodas menggelar tiga lomba yang diperuntukkan bagi anak-anak dan masyarakat umum yakni lomba marawis, lomba kaligrafi dan lomba video Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)

"Harapannya dapat meningkatkan pengembangan diri dan menonjolkan bakat yang dimiliki," katanya.

Baca juga: 13 TPS di Kota Tangerang gelar pemungutan suara lanjutan di 13 TPS

Pemenang ketiga lomba tersebut ditampilkan pada "Pekan Raya Cibodas 2024" yang dilaksanakan mulai 22-25 Februari 2024 di kantor Kelurahan Cibodas.

Pada acara pembukaan Pekan Raya Cibodas, dilaksanakan juga santunan dan bantuan kepada anak rawan stunting dengan masing-masing 20 orang penerima.

Untuk kegiatan Pekan Raya Cibodas 2024, Buceu mengatakan berisi berbagai kegiatan seperti gerakan pangan murah yang beras ukuran 5 kilogram dengan harga Rp52 ribu atau Rp10.400 per kilogram.

Lalu Disperindagkop-UKM menjual daging, telur dan minyak dengan harga murah. Lalu pelaku UMKM juga menjual produk-produk unggulan.

Baca juga: MUI Kota Tangerang imbau umat Muslim laksanakan malam Nisfu Sya'ban

DPMPTSP Kota Tangerang juga ikut terlibat dalam Pekan Raya Ciboda ini dengan membuka layanan pembuatan NIB gratis bagi pelaku UMKM.

Kemudian Disnaker menyediakan job fair online yang menyediakan 1.607 lowongan pekerjaan dengan 55 formasi jabatan dari 19 perusahaan yang terlibat.

Lalu Bapenda Kota Tangerang membuka loket pembayaran dan konsultasi terkait PBB dan BPHTB. Disdukcapil membuka loket pelayanan mengurus administrasi kependudukan. Dinas kesehatan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis.

"Kami mengajak masyarakat bisa memanfaatkan program ini karena banyak layanan yang bisa diperoleh seperti mengurus dokumen kependudukan hingga informasi lowongan pekerjaan," kata Camat Buceu.

Selain itu ada juga pangan lain yang bisa dibeli masyarakat, termasuk produk UMKM yang memiliki kualitas dan unggulan terbaik. "Kami pastikan harganya sangat terjangkau terutama kebutuhan pangan pokok," katanya.

Baca juga: Dinsos Kota Tangerang salurkan 50 kursi roda untuk disabilitas

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024