Saat menjalankan Ibadah Haji banyak tantangan tersendiri yang sangat menguras tenaga, energi dan pasti akan lelah oleh kondisi iklim cuaca yang sangat panas saat di Makkah dan Madinah. 

Suhu di kota Makkah sangat panas di musim panas dan sangat dingin di musim dingin. Saat musim panas, suhu bisa melebihi 48 derajat celcius. Jadi sangat penting bagi para Jemaah yang ingin melaksanakan Ibadah Haji maupun umroh untuk mengetahui cuaca panas Makkah Madinah.

"Meskipun di Mekkah cuacanya cukup panas Alhamdulillah bisa melakukan rangkaian Haji dengan lancar pada saat lempar Jumrah juga tidak ada masalah atau kendala yang lain karna kita membekal air Zam-Zam yang sangat banyak manfaatnya” Ujar Syahbudin (38) pengusaha asal Tangerang yang baru saja menjalankan ibada haji.

Haji asal kota Tangerang berangkat melalui  kloter 9 dan 10 pada Minggu, 30 Juli 2017 dan tiba dikampung halamannya pada Minggu, 10 September 2017 malam. 

Syahbudin Bramesta (38) yang berangkat bersama keluargan ya menyatakan rasa syukurnya telah menjalankan Rukun Islam kelima dengan lancar dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat meskipun iklim sedang tidak bersahbat

Salah satu tipnya dengan banyak-banyak mengkonsumsi air temasuk air zam-zam,  juga tak lupa memakan buah-buahan agar badan selalu terjaga lebih bertenaga untuk melakukan rutinitas ibadah haji. Seperti contohnya memakan buah kurma atau buah-buahan yang terjual dipinggir kota. tidak hanya ada buah, sayuran pun banyak dijual.

Tidak sedikit Jamaah Haji dan Umroh yang jatuh sakit ketika sampai di Arab Saudi karena cuaca dan iklimnya jauh berbeda dengan cuaca dan iklim di Indonesia. Bawalah payung, meskipun hujan jarang terjadi, tetapi terik matahari dapat memberi dampak yang cukup serius.

Syahbudin berpesan bagi  Jemaah Haji berikutnya agar selalu terjaga kesehatannya dan tidak lupa untuk istirahat yang cukup, meminum air putih yang banyak dan tentunya disertai buah-buhan yang segar untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh disana. Selalu berdoa agar diberi  izin untuk berziarah ke Baitullah dan menyiapkan fisik yang sehat, karena Ibadah Haji hampir 100 persen akan menguras tenaga. 

Pewarta: Tasya Eka Puspita

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017