Pemerintah Kota Tangerang Banten menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi se-Tangerang Raya terkait pengembangan keilmuan serta kajian ilmiah.

"Melalui kerja sama dan kolaborasi di bidang keilmuan ini diharapkan dapat saling memberikan benefit untuk semua pihak," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin dalam keterangan yang diterima di Tangerang, Rabu.

Dengan adanya dukungan dari dunia kampus berupa kajian dan juga hasil-hasil penelitian, lanjut Pj Wali Kota, menjadi sebuah masukan positif bagi Pemkot yang dapat menjadi rujukan dalam hal perumusan kebijakan serta program yang berbasis pada ilmu pengetahuan.

"Dengan begitu, setiap kebijakan yang dibuat Pemkot memang disesuaikan pada kebutuhan dan kepentingan bersama dan mewakili semua kalangan," katanya.

Baca juga: Dispora Kota Tangerang siapkan beasiswa atlet sarjana 100 persen

Selain itu, dengan kerja sama tersebut implementasi konsep Merdeka Belajar di Kampus Merdeka dapat berjalan lebih optimal, dengan memberikan kesempatan para mahasiswa dari Perguruan Tinggi tersebut yang ingin praktek sekaligus mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan di Kota Tangerang.

"Iya itulah yang saya maksud benefit bagi kedua belah pihak, karena dengan adanya kerja sama ini pengembangan keilmuan, kompetensi dan keterampilan para mahasiswa di Kota Tangerang dapat terakomodir," ujarnya.

Perguruan Tinggi yang menjalin kerja sama dengan Pemkot Tangerang tersebut adalah Universitas Raharja, Universitas Islam Syekh Yusuf, Universitas Buddhi Dharma, Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Global Institute, dan Universitas Pradita.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menuturkan eksistensi perguruan tinggi mempunyai kedudukan dan fungsi penting dalam kemajuan suatu daerah.

“Dengan begitu, besar harapannya perguruan tinggi dapat membawa angin kemajuan dan menguntungkan semua pihak khususnya masyarakat Tangerang,” katanya.

Baca juga: KPU Kota Tangerang sebut aplikasi Sirekap siap digunakan

Saat ini Kota Tangerang tengah menguatkan branding Kota Tangerang. Sehingga Kota Tangerang memiliki ciri khas yang lebih kuat untuk bersaing dengan kota-kota lainnya.

“Pembahasan branding kota ini tentu membutuhkan kajian, saran dan masukan dari seluruh pihak, salah satunya dari perguruan tinggi,” katanya.

Rektor Universitas Raharja Abas Sunarya menuturkan, universitas di Tangerang Raya pastinya menyambut baik kerja sama atau program kolaborasi seperti ini.

Ia menilai, hal ini merupakan kolaborasi yang tepat, untuk mengisi dan mengembangkan potensi Kota Tangerang dengan para ahli di seluruh universitas.

“Konteks kerja samanya ialah saling mengisi, universitas pada pengembangan Tri Dharma, Pemkot Tangerang memanfaatkan untuk pengembangan Kota Tangerang yang lebih kuat sesuai dengan kekayaan potensi yang ada,” katanya.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang gelar deteksi kanker leher rahim dan payudara gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024