Kapolres Tangerang Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mengungkapkan pelaksanaan perayaan imlek di 30 vihara dan klenteng pada 9-10 Februari 2024 berjalan aman dan kondusif.

"Laporan yang sudah masuk sampai saat ini, Situasi ibadah yang dilaksanakan berjalan aman, kondusif dan terkendali," kata Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di Tangerang, Sabtu.

Ia mengatakan dalam pantauannya ke Vihara Nimmala Boen San Bio di Karawaci dan Vihara Yang Sen Bio di Neglasari pada Sabtu (10/2) malam kegiatan peribadatan tahun baru Imlek 2575 Kongzili tahun 2024 berjalan lancar.

"Inilah situasi yang kita harapkan guna membawa keberkahan bagi semua umat. Perayaan Imlek ini juga berdekatan dengan pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2024, Pilpres dan Pileg," katanya.

Baca juga: Pengamanan Imlek, Polres Tangerang kerahkan 727 personel gabungan

Kepada masyarakat Tionghoa di Kota Tangerang yang merayakan, Kapolres juga mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili tahun 2024 dan mendoakan keselamatan, kesehatan, kedamaian, dan keamanan.

"Atas nama Polri kami mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek. Indonesia aman dan Kondusif .Kota Tangerang semakin damai, bahagia, saling menghargai dan mencintai toleransi," katanya.

Sementara itu, Polres Metro Tangerang Kota mengerahkan sebanyak 727 Personil gabungan guna mengamankan tahun baru imlek 2575 Kongzili dengan rincian 209 Personil Polres, 88 Personil TNI, 181 Petugas Satpol PP dan Dishub Kota Tangerang, 62 Pengamanan Dalam (Pamdal) Vihara dan 187 Gabungan Kelompok Masyarakat.

Terdapat 43 Vihara dan Klenteng berada di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Namun hanya 30 Vihara maupun Klenteng yang melaksanakan Ibadah Imlek.

"Dalam pengamanan kita memastikan, petugas menggunakan Metal Detektor dan memeriksa CCTV berfungsi di tiap Vihara maupun Klenteng," ujarnya.

Selain itu, petugas juga akan melakukan pemeriksaan ketat terhadap barang bawaan masyarakat umum saat memasuki Lokasi peribadatan.

Baca juga: Shio ayam dinilai akan lebih popular di Tahun Naga Kayu 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024