Tingkat pengangguran terbuka di Kota Tangerang, Banten, pada tahun 2023 turun menjadi 6,76 persen dari 7,16 persen pada tahun 2022.

"Capaian kinerja pembangunan Kota Tangerang pada tahun 2023 menunjukkan hasil yang positif diantaranya menurunnya tingkat pengangguran terbuka," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin saat membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tangerang tahun 2024 di Tangerang, Rabu.

Adapun program penanganan pengangguran di Kota Tangerang antara lain berupa penyelenggaraan bursa kerja atau job fair, pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK), dan kerja sama peningkatan keterampilan warga.

Nurdin menambahkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangerang pada 2023 sebesar 80,98 poin, naik dari 78,90 poin pada 2022. "Ini sudah sangat baik," ujarnya

Baca juga: Atasi pengangguran, Pemkot Tangerang tingkatkan sertifikasi keahlian

Terkait RKPD 2024, ia mengatakan rancangan awal RKPD sangat penting untuk keberlanjutan pembangunan  Kota Tangerang pada tahun 2025. Menurutnya, ada lima program prioritas dalam perencanaan tahun mendatang yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat serta dapat menjawab permasalahan.

Ia juga mengatakan pada tahun 2025 ada beberapa tantangan besar yang akan dihadapi Kota Tangerang yaitu banjir, pengangguran, perkembangan teknologi, dan angka kemiskinan. Selain itu peningkatan daya saing SDM dengan Iptek dan meningkatkan daya saing ekonomi dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Kita harus mendorong penggunaan teknologi informasi dalam proses dan program pembangunan, sehingga kita bisa menguasai dan memaksimalkan potensinya,” kata Nurdin.

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan layanan publik dalam RKPD 2024. “Peningkatan layanan publik harus menjadi prioritas utama, agar masyarakat Kota Tangerang dapat merasakan manfaatnya secara langsung,” kata Nurdin.

Baca juga: Dampak kebocoran gas pabrik es, 11 warga Tangerang masih dirawat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024