Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa uang tahap I tahun 2024 kepada 2.866 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 13 kecamatan di kota itu.

Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani di Tangerang, Selasa, menjelaskan, penyaluran bansos ini merupakan bagian dari upaya membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Kemudian juga meringankan beban sekaligus mengentaskan kemiskinan bagi masyarakat rentan, miskin atau terlantar seperti penyandang disabilitas, balita terlantar atau miskin, lanjut usia terlantar atau miskin, serta anak terlantar atau miskin dan anak yatim.

Bansos yang disalurkan berupa uang sebesar Rp300 ribu per KPM. Seluruh KPM merupakan keluarga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Penyaluran berlangsung 6-7 Februari 2024 di 13 kecamatan.

Baca juga: Pemkot Tangerang berikan bansos biaya pendidikan pada 46 mahasiswa

Ia pun berharap, lewat bansos yang disalurkan dapat sedikit membantu memenuhi kebutuhan dasar hidup sehari-hari dan meringankan beban ekonomi masyarakat.

"Harapannya pasti selain digunakan untuk kebutuhan pokok atau bisa digunakan untuk hal produktif serta bernilai ekonomi,” kata dia.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan penyerahan bansos ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

“Kami ingin memastikan bansos ini benar-benar sampai kepada masyarakat yang membutuhkan dan pemkot akan selalu berupaya menyalurkan sesuai dengan ketentuannya,” katanya.

Ia berharap bansos ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun digunakan untuk hal yang produktif serta bernilai ekonomi.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat. Apalagi kalau bisa digunakan juga untuk hal yang produktif dan menghasilkan profit," katanya.

Baca juga: Wali Kota ajak warga kawal pembangunan IPA Sitanala 2 Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024