Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho memastikan tidak ada gangguan keamanan di delapan gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024 tingkat kecamatan.

"Berdasarkan hasil tinjauan yang dilakukan ke delapan gudang logistik dipastikan telah memenuhi kelayakan untuk digunakan," kata Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho dalam keterangannya di Tangerang Kamis.

Ia mengatakan delapan gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024 yang menjadi kewenangan Polres Metro Tangerang kota yakni GOR Dimyati di Kecamatan Tangerang, GOR Cibodas di Kecamatan Cibodas, GOR Gondong di Kecamatan Cipondoh, GOR Puri Beta di Kecamatan Larangan, GOR di Kecamatan Sepatan Timur, Aula Kecamatan Pakuhaji, Aula Kecamatan Teluknaga dan GOR Batuceper di Kecamatan Batuceper.

Baca juga: Disdukcapil Kota Tangerang layani pembuatan KTP elektronik sehari jadi

Kapolres menambahkan peninjauan dan pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan pengamanan lokasi oleh personel pengamanan maupun jalannya pendistribusian logistik Pemilu 2024.

"Tidak terdapat gangguan pada pendistribusian maupun penyimpanan logistik pemilu. Kita juga memastikan gudang dalam keadaan aman tidak ada kebocoran," kata dia.

Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran di lapangan untuk siap siaga serta mampu mengelola situasi Kamtibmas guna mendukung kelancaran Pemilu 2024.

"Utamakan kerjasama antar personil dan masyarakat. Jaga kesehatan fisik karena pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 yang akan menguras tenaga, pikiran dan fisik personel. TNI-Polri tetap menjunjung tinggi netralitas," katanya.

Baca juga: Timpora disebut miliki posisi strategis dalam kesuksesan Pemilu 2024

Sementara itu personil yang dilibatkan dalam operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024 di wilayah hukum Polres Metro Tangerang kota ada sebanyak 1.408 personel Polri, 450 personil TNI, 201 personil Satpol PP dan 13. 880 personil Linmas.

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah mengatakan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke 13 Kecamatan sudah dilakukan sejak 29 Januari 2024

Adapun wilayah yang sudah dikirimkan logistik pemilu adalah Kecamatan Tangerang, Kecamatan Batuceper, Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Neglasari. "Hari ini pendistribusian dilakukan ke Kecamatan Larangan, Kecamatan Pinang, serta Kecamatan Karawaci," kata Qori.

Perlu diketahui jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Tangerang ada 1.362.773 jiwa dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 678.001 dan pemilih perempuan sebanyak 684.772. Kemudian untuk TPS ada 5.175 titik.

Lalu jumlah logistik Pemilu 2024 yang akan digunakan di Kota Tangerang yaitu 25.875 kotak suara dengan rincian lima kotak per TPS. Bilik suara ada 15.525 dengan rincian per TPS tiga bilik suara), tinta Pemilu 10.350 buah dengan rincian per TPS dua tinta, segel Pemilu 310.500 dengan rincian 60 segel per TPS.

Baca juga: Distribusi logistik pemilu di Tangerang libatkan Bawaslu hingga kepolisian

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024