Serang  (Antara News) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten mengimbau kepada umat Islam di Provinsi Banten untuk melakukan doa qunut nazilah demi keselamatan bangsa Palestina.

"MUI Banten mengimbau kepada umat Islam di Provinsi Banten agar melakukan doa qunut nazilah untuk keselamatan bangsa Palestina," kata Ketua Umum MUI Banten KH AM Romly di Serang, Selasa.

Doa qunut nazilah tersebut bisa dilakukan di saat melaksanakan sholat wajib lima waktu. Tujuannya sebagai salah satu upaya umat Islam di Indonesia untuk membantu umat muslim lainnya di Palestina.

"Kalau kita punya bantuan dana yah lebih bagus disalurkan. Paling tidak, kalau kita tidak bisa bantu secara materi, kita mendoakan mereka," katanya.

MUI Banten juga mendukung langkah umat Islam lainnya yang melakukan penggalangan dana dan bantuan materi lainnya, untuk meringankan beban penderitaan rakyat Palestina.

"Kita kan di Indonesia audah ada komite untuk bantuan ke Palestina. Kalau ada rezeki ya disalurkan saja lewat komite itu," katanya.

Selain mengimbau melakukan qunut nazilah, kata dia, MUI Banten mendukung pernyataan Presiden RI yang mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan penguasa Israel terhadap rakyat Palestina.

"Mendukung Pernyataan Presiden RI yang mengecam tindakan kekrasan penguasa kolonial Israel terhadap rakyat Palestina," kata KH AM Romly dalam siaran pers-nya.

MUI Banten juga mendukung upaya pemerintah RI yang telah menjalin komunikasi dengan berbagai negara dan Dewan Keamanan PBB untuk menekan penguasa Israel agar menghentikan tindakan kekerasan terhadap rakyat Palestina.

Ia mengatakan, MUI Banten prihatin dengan penderitaan rakyat Palestina atas tindakan kekerasan yang dilakukan penguasa Israel. Bahkan sampai-sampai umat Islam tidak bisa melaksanakan ibadah di dalam Mesjidil Aqsa karena dilarang oleh Israel.

"Ini sudah menjadi keprihatinan umat Islam di dunia. Makanya kita harus bantu mereka, miniamlnya kita mendoakan untuk keselamatan warga Palestina," kata KH AM Romly.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017