Penangkap ikan di Kabupaten Lebak, Banten sejak sepekan terakhir ini ketiban rejeki pada musim hujan sehingga mampu menumbuhkan ekonomi keluarga.
 
"Kita sejak sepekan bisa menangkap ikan sekitar 5 kilogram/hari dan dijual Rp100 ribu," kata Ma Cicih (55) seorang pemburu ikan warga Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Rabu.
 
Pemburuan ikan selama musim hujan di aliran sungai, drainase, selokan, saluran air irigasi hingga persawahan dengan menggunakan alat tangkap pancho dan jaring dan hasilnya dijual ke Pasar Rangkasbitung.
 
"Kami bersama teman memburu ikan di aliran irigasi Cisangu Cibadak. Hasilnya lumayan" kata Cicih.

Baca juga: Harga bahan pokok di Lebak sepekan terakhir masih tinggi
 
Menurut dia, kebanyakan ikan-ikan tangkapan itu mulai jenis ikan paray, ikan lele, nila, gabus, emas hingga udang.
 
Kemungkinan ikan itu lepas dari kolam pemancingan maupun pembesaran ikan tawar akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan terjadi kebanjiran.
 
"Kami sudah biasa jika musim hujan menjadi pemburu ikan menggunakan pancho itu sebagai alat tangkap ikan itu,"katanya menjelaskan.
 
Begitu juga Imi (60) warga Angsana Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak yang mengaku dirinya sejak sepekan terakhir memburu ikan di aliran Sungai Ciberang dengan menggunakan jaring hingga menghasilkan 5 sampai 7 kilogram per hari.
 
Kebanyakan ikan yang dilakukan pemburuan itu jenis ikan rarancak, nila, caung, benteur, gabus dan sidat.
 
"Kami sejak sepekan ini bisa menghasilkan pendapatan Rp150-200 ribu/hari dari hasil penjualan ikan tangkapan,"kata Imi.

Baca juga: Industri mebel bambu asal Lebak pasok pasar Eropa
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Budi Daya Dinas Perikanan Kabupaten Lebak Dodi Hermawan mengatakan masyarakat pedesaan jika musim hujan dipastikan ketiban rejeki dari pemburuan ikan tawar itu.
 
Bahkan, mereka berbondong-bondong memburu ikan dengan menggunakan pancho dan jaring di aliran sungai, kolam, persawahan, saluran irigasi, drainase hingga selokan saluran air.
 
"Kami mengapresiasi masyarakat bisa memanfaatkan musim hujan dengan menangkap dan memburu ikan untuk menopang ekonomi keluarga,"kata Dodi.

Baca juga: Pemkab Lebak targetkan lahan 1.000 hektare untuk program IP padi 400

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024