Pemerintah Kota Tangerang, Banten menyiapkan program bantuan sosial hingga beasiswa sebagai salah satu program pengentasan kemiskinan yang bertujuan meringankan beban masyarakat akan kebutuhan dasar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Decky Priambodo di Tangerang, Sabtu, mengatakan, untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat maka digulirkan program bantuan sosial masyarakat, beasiswa dengan program Tangerang Cerdas, beasiswa perguruan tinggi, program jaminan kesehatan, hingga program angkutan gratis.

Lalu upaya lain yang akan dijalankan adalah peningkatan pendapatan warga miskin yang dilakukan dengan program peningkatan keahlian dan kemampuan.

Baca juga: Kuota beasiswa perguruan tinggi di Kota Tangerang masih ada

Adapun program yang akan dijalankan adalah pelatihan wirausaha, Tangerang Cakap Kerja, fasilitasi bantuan modal melalui Tangerang Emas, fasilitasi pemasaran dan pengembangan kualitas produk UMKM.

Kemudian Pemkot Tangerang juga akan mengurangi kantong-kantong kemiskinan dengan program bedah rumah tidak layak huni, pembangunan infrastruktur dan perbaikan sanitasi di wilayah pemukiman warga.

"Kita sudah valuasi dan inventarisasi strategi penanggulangan angka kemiskinan di Kota Tangerang. Ada tiga strategi yang nantinya akan dijalankan pada 2024," katanya.

Baca juga: Kadinkes: konsumsi protein hewani bisa turunkan risiko stunting

Ia juga menambahkan beberapa program pengentasan kemiskinan yang telah dilaksanakan pada 2023 akan kembali dilanjutkan dalam rangka mengurangi beban dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga mendorong generasi muda lebih berdaya.

“Menyelesaikan angka kemiskinan di Kota Tangerang pada 2024 ini dibutuhkan upaya yang lebih intens, termasuk dalam melibatkan pelaku dan mitra nonpemerintah melalui pendekatan kolaboratif dan kemitraan pentahelix,” katanya.

Dirinya berharap dengan memaksimalkan sederet program tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal untuk target menurunkan angka kemiskinan menjadi nol persen pada 2024.

"Kita targetkan angka kemiskinan di Kota Tangerang terus menurun," ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Kota Tangerang pilih duta aspirasi sosialisasikan program pemda

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024