Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten menggencarkan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP elektronik) untuk pemilih pemula dan remaja jelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) pada Februari 2024 mendatang.

"Hari ini kami siapkan kurang lebih 300 kuota, untuk hari kerja tentunya kami juga akan terus layani perekaman KTP elektronik ini," ucap Sekretaris Kecamatan Panongan, Rizkia Nurul Fajar di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan berbagai strategi percepatan perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula, yakni dengan melakukan upaya jemput bola ke setiap kantor desa pada hari Sabtu dan Minggu.

Seperti yang dilakukan Kecamatan Panongan, perekaman KTP elektronik ini mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat khususnya pemilih pemula.

"Hal itu dapat dilihat dari jumlah masyarakat yang terus berdatangan ke ruang pelayanan Kantor Kecamatan Panongan," ujarnya.

Baca juga: Disdukcapil Tangerang lakukan pelayanan rekam KTP-el di Lapas Pemuda

Ia juga menyampaikan, pendataan KTP elektronik yang dilakukan kepada masyarakat khususnya para pemilih pemula atau warga yang genap berusia 17 tahun menjadi target pelayanan perekaman.

Ia mengatakan Kecamatan Panongan juga telah melakukan sosialisasi terkait dengan adanya kegiatan tersebut.

"Meski kita targetkan untuk pemilih pemula, untuk masyarakat umum yang belum memiliki atau belum melakukan perekaman juga akan kami layani, silahkan datang ke Kantor Kecamatan," ujarnya.

Sementara itu, Anggita (17) salah satu peserta perekaman KTP elektronik menyampaikan dirinya menyambut baik adanya kegiatan ini di hari Sabtu dan Minggu.

Selain dapat menghemat waktu, ia menyebut dirinya tidak perlu mengambil izin sekolah untuk melakukan perekaman dan datang ke kantor Disdukcapil sebagai persiapan untuk mengikuti perhelatan pemilu.

"Sangat terbantu, karena ini hari libur saya tidak perlu izin untuk melakukan perekaman KTP elektronik," pungkas Rizkia Nurul Fajar.

Baca juga: 20 ribu warga Serang belum miliki KTP elektronik
Baca juga: Disdukcapil Kota Tangerang gelar pelayanan pembuatan KTP-el ke sekolah

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024