Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Banten, melalukan pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas II A Kota Tangerang, Banten, untuk kebutuhan administrasi Pemilu 2024.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Irman Pujahendra di Tangerang Rabu menuturkan pelayanan perekaman KTP-el diselenggarakan secara langsung di lokasi sasaran.

Tercatat, sekitar 190 warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari berbagai kalangan usia melakukan perekaman KTP-el.

Menurut dia, pelayanan perekaman KTP-el tersebut sangat penting untuk menjamin hak pemilih dalam pemilihan umum (pemilu) 2024.

"Pelayanan ini merupakan bentuk kerja sama yang digelar rutin untuk menjangkau masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan," katanya.

Baca juga: Kota Serang buka layanan khusus perekaman KTP usia pemula

Irman mengatakan pelayanan perekaman KTP-el di Lapas Pemuda Kelas II A Kota Tangerang berjalan sangat lancar dan penuh antusias. WBP berbondong-bondong memanfaatkan kesempatan ini memiliki KTP-el

“Semuanya berjalan dengan penuh antusias. Semoga pelayanan serupa dapat dilaksanakan secara terus menerus di Kota Tangerang,” katanya.

Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Registrasi Lapas Pemuda Kelas II A Kota Tangerang, Yudhistira Putra mengatakan pelayanan perekaman KTP-el juga menjadi langkah strategis untuk memenuhi hak para WBP di Kota Tangerang.

"Tidak hanya itu, pelayanan perekaman KTP-el tersebut digelar tanpa biaya atau gratis," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan ini sangat penting karena merupakan bagian dari pemenuhan hak para warga binaan untuk tetap dapat memiliki catatan administrasi kependudukan. Apalagi ini sangat dibutuhkan untuk partisipasi dalam pemilu mendatang.

Baca juga: Kecamatan Batuceper Tangerang buka layanan perekaman KTP-el sehari jadi
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024