Kecamatan Cibodas bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang melakukan pelayanan keliling pembuatan KTP-el ke sekolah dengan sasaran utama pelajar yang memiliki hak pilih.

Camat Cibodas Buceu Gartina di Tangerang Jumat, mengatakan program ini menyasar satu sekolah setiap harinya dan sudah berjalan pada awal pekan ini.

“Fokus utama perekaman KTP tertuju kepada pemilih pemula yang bersekolah di wilayah Kecamatan Cibodas. Sehingga, anak-anak yang sudah memasuki umur 17 tahun, bisa segera mendapat haknya, untuk mengikuti Pemilu 2024 ini,” kata Buceu.

Baca juga: Persiapan pemilu, Pj Wali Kota Serang pantau gudang logistik

Ia menambahkan kegiatan ini juga sebagai langkah aktif memperbarui data kependudukan dengan perekaman KTP elektronik pemilih pemula.

"Ini menjadi layanan jemput bola yang kami lakukan dalam mensukseskan Pemilu 2024. Tetapi gerai pelayanan di kecamatan maupun di setiap kelurahan tetap dibuka," katanya.

Ia pun menjelaskan, perekaman KTP-el ini merupakan salah satu kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat.

Baca juga: Berada di lokasi terlarang, Bawaslu Kota Serang tertibkan 5.239 APK

Selain jemput bola ke sekolah-sekolah, untuk memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat, Kecamatan Cibodas juga membuka Gebyar Pelayanan Sabtu-Minggu selama Januari dan Februari secara penuh.

“Perekaman tersebut, langsung diadakan dengan cara mendekati mereka para pemohon. Agar masyarakat tidak lagi jauh-jauh, kita yang samperin. Dengan begini, juga menjadi solusi mereka yang terhalang waktu kerja atau sekolah,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Irman Pujahendra mengatakan pihaknya terus bekerja sama dalam membantu percepatan pelayanan administrasi kependudukan.

"Kita juga lakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam melakukan perekaman KTP-el ini. Kemarin kami lakukan di Lapas," katanya.

Baca juga: Target penerimaan zakat Baznas Kota Serang pada 2024 naik jadi Rp4,5 miliar

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024