Serang  (Antara News) - Gubernur Banten Wahidin Halim berharap dengan berubah status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanuddin menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), bisa memberikan kontribusi lebih dalam menciptakan SDM unggul dan berkualitas.

"Saya ucapkan selamat, semoga dengan berubahnya status IAIN menjadi UIN dengan memiliki logo baru ini, kualitas pun semakin meningkat," kata Wahidin Halim usai menghadiri 'launching' logo baru UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Serang, Senin.

Ia mengatakan, dengan berubah status dari IAIN menjadi UIN, berarti meningkatkan reputasi perguruan tinggi yang berlokasi di pusat ibu kota Provinsi Banten tersebut.  Sehingga  meningkatnya reputasi mesti diimbangi dengan meningkatnya kualitas pendidikan.

Pemerintah Provinsi Banten, kata Wahidin, akan mendukung program yang ada di kampus tersebut. Pemerintah akan memfasilitasi hal-hal yang menjadi kewenangan serta kemampuan pemerintah Provinsi Banten.

Sementara Rektor UIN Banten Fauzul Iman mengatakan, perubahan status dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Banten ke Universita Islam Negeri (UIN) semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan terutama di Provinsi Banten.

Menurut dia, sebagai wadah pengembangan wawasan keilmuan umat manusia, sudah selayaknya UIN meningkatkan semua bidang pendidikan terutama pendidikan agama dan sains.

"Perubahan ini demi meningkatkan pendidikan di Banten. Sehingga lebih unggul dan berkualitas," kata Fauzul Iman.

Ia mengatakan, seiring perubahan status kampus dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) ke UIN, perubahan pada logo pun dianggap perlu. Seperti pada umumnya, sebuah logo mencerminkan lembaga tersebut melalui nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya.

"Terima kasih kepada pak Jenderal dan pak Gubernur Banten yang telah menyempatkan waktu hadir dalam kesempatan bersejarah dan bahagia ini," katanya.

Ia mengatakan, sejak berdirinya IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, kampus tersebut telah melahirkan tokoh-tokoh, baik akademisi, birokrat, pengamat, anggota legislatif, serta tokoh lainnya yang sudah berkiprah di berbagai lembaga di pemerintahan dan lainnya.

Launching logo baru UIN Banten dilakukan dengan cara menekan sirene oleh Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Fauzul Iman didampingi sejumlah tokoh Banten. Hadir dalam kesempatan tersebut Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Gubernur Banten Wahidin Halim, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Guru Besar UIN Banten M. A. Tihami, IKA Alumni A. Taufik Nuriman, dan sejumlah tokoh lainnya.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017