Masyarakat Cilangkahan menyampaikan maklumat kepada Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud agar wilayahnya memiliki pemerintahan kabupaten tersendiri atau terpisah dari Kabupaten Lebak.

"Kami memberikan aspirasi kepada pasangan Ganjar-Mahfud MD agar Cilangkahan dijadikan kabupaten yang mandiri apabila terpilih dalam pemilihan presiden yang dilakukan secara merata dengan prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan. Demikian aspirasi kami, semoga Allah melindungi kita semua," kata salah satu tokoh masyarakat Cilangkahan Sargawi Wisastra di acara Rembug Rakyat di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten Jumat.

Ia mengatakan keinginan masyarakat tersebut sudah muncul dari 20 tahun lalu, namun hingga kini belum dapat terealisasi. Adapun keinginan ini didasarkan ketika warga ingin mengurus administrasi harus menempuh jarak yang jauh ke ibukota Kabupaten Lebak yakni Rangkasbitung.

"Kami harus menempuh jalan yang jauh untuk mengurus segala keperluan administrasi ke ibu kota Kabupaten lebak yang berada di kota Rangkasbitung. Belum lagi kondisi di berbagai pelosok desa yang masih jauh dari kata ideal. Padahal, wilayah Cilangkahan terdiri dari 10 kecamatan dan memiliki berbagai potensi kekayaan alam dan kebudayaan. Rakyat akan sejahtera apabila semuanya dikelola dengan benar," katanya.

Baca juga: Ganjar-Mahfud tunjuk Rano Karno sebagai Ketua TPD Banten

Ketua TPD Ganjar-Mahfud Banten, Rano Karno akan memastikan hal tersebut bila Ganjar-Mahfud kelak dilantik. Sebab, ketika dirinya menjabat sebagai Gubernur Banten, wilayah Cilangkahan sudah siap secara infrastruktur dan sistem birokrasi.

"Ketika kita hitung secara PAD (Pendapatan Anggaran Daerah-red), Infrastruktur, PNS dan segala macamnya, Cilangkahan menjadi prioritas pertama. Karena itu, pada hari ini, saya mewakili Jenderal Andika Perkasa, Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, akan memperjuangkan keinginan masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada warga Cilangkahan untuk ikut memperjuangkan kemenangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam pemilihan presiden. 

"Syaratnya satu, yakni menangkan Ganjar-Mahfud. Jika Ganjar-Mahfud menang, maka kita punya wewenang agar Cilangkahan menjadi kabupaten baru di Banten," kata Rano.

Baca juga: Mahfud MD kunjungi Ponpes Nur Antika di Tangerang

Ketua Panitia kampanye Bonnie Triyana mengungkapkan, wilayah Bayah pernah dikunjungi oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno. Oleh karena itu, ia mengajak agar wilayah Cilangkahan untuk menoreh sejarah baru ke depannya dengan mendirikan pemerintah kabupaten sendiri.

"Bayah merupakan tempat bersejarah dan satu tempat yang bisa membuat catatan sejarah baru ke depannya dan kita sama-sama berharap Pak Ganjar dan Pak Mahfud memenangkan Pilpres 2024. Mengapa Pak Ganjar penting memenangkan Pilpres? Karena dengan kemenangan Pak Ganjar, maka aspirasi warga Cilangkahan bisa lebih mudah untuk dilaksanakan," katanya.

Dalam acara itu juga dihadiri oleh Komedian senior Lies Hartono atau Cak Lontong bersama TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Acara itu juga merupakan kick off program TPN Merumput untuk menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat.

Baca juga: PDIP Tangsel siap dukung Rano maju Pilgub Banten 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024