Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan instalasi pengolahan air (IPA) Sitanala siap mengaliri air bersih untuk 51.415 rumah usai diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (8/1).

"Usai diresmikan IPA Sitanala ini tentunya tak kurang dari 51.415 sambungan baru untuk rumah masyarakat," kata Nurdin di Tangerang, Selasa.

Presiden Joko Widodo meresmikan IPA Sitanala bersamaan dengan Bendungan Karian di Lebak hari Senin (8/1). IPA Sitanala telah rampung dibangun dan diserahterimakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemerintah Kota Tangerang.

Baca juga: IPA Sitanala Kota Tangerang siap beroperasi layani kebutuhan air bersih

Nurdin menambahkan IPA Sitanala yang memiliki kapasitas hingga 500 liter/detik ini nantinya  semakin optimal dalam menyuplai ketersediaan air bersih untuk masyarakat Kota Tangerang.

"Kami menyampaikan apresiasi atas gerak cepat Pemerintah Pusat dalam merespon kebutuhan air bersih di Kota Tangerang dan berharap dengan diresmikannya IPA Sitanala maka kebutuhan masyarakat terhadap air bersih dapat terpenuhi," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan IPA Sitanala juga ditunjang dengan sistem pemantauan elektronik.

Baca juga: Perumda Tirta Banteng-PUPR latih petugas operasikan SCADA IPA Sitanala

"Tentunya hal ini akan menambah efektivitas kerja pegawai dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap mekanisme dan juga perangkat yang mendukung penyediaan air bersih bagi masyarakat sehingga dapat lebih optimal lagi," kata dia.

Sebagai informasi, Perumda Tirta Benteng akan mengaliri hibah jaringan perpipaan dan sambungan rumah sebanyak 51.415 sambungan dari PDAM Tirta Kerta Raharja.

Sambungan tersebut berada di zona dua yaitu Kecamatan Karawaci, Kecamatan Cibodas, dan Kecamatan Periuk, dan Kecamatan Jatiuwung.

Baca juga: Penyaluran air bersih di Tangerang dari IPA Sitanala Agustus 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024