Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang menargetkan penyaluran air bersih ke zona dua meliputi empat kecamatan yakni Jatiuwung, Karawaci, Periuk dan Cibodas dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala dilakukan pada Agustus 2024 setelah pembangunan sarana pendukung selesai dikerjakan.

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Doddy Effendy di Tangerang Sabtu mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala dengan kapasitas 500 liter per detik.

Kemudian IPA Sitanala tersebut diserahkan ke Perumda Tirta Benteng untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat. Selain itu, Perumda Tirta Benteng pun menerima hibah sarana prasarana serta 71 ribu pelanggan dari Perumdam Tirta Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Kementerian PUPR serahkan pengelolaan IPA Sitanala ke Pemkot Tangerang

Pada penyerahan tahap satu, sebanyak 20 ribu pelanggan masuk ke zona satu dan terlayani kebutuhan air bersihnya. Adapun wilayah yang masuk zona satu yakni Neglasari, Batuceper, Cipondoh, dan Benda.

"Sekarang kita sedang menyiapkan untuk penyaluran ke zona dua menggunakan IPA Sitanala dalam memenuhi kebutuhan air bersih, termasuk 51 ribu pelanggan Perumdam Tirta Kerta Raharja yang dihibahkan ke Kota Tangerang," ujarnya.

Sebelum kegiatan tersebut dilakukan, Perumda Tirta Benteng lebih dulu melengkapi sarana prasarana pendukung IPA Sitanala untuk mulai melakukan penyaluran air ke zona dua tersebut.

Baca juga: Demi warga, Perumda Tirta Benteng sudah salurkan 553 tangki air bersih

Adapun sarana prasarana pendukung yang akan dilakukan pembangunan adalah jembatan per pipaan hingga JDU pipa yang akan terinkoneksi dengan induk Kabupaten Tangerang.

“Proses ini akan mulai dilakukan akhir Desember 2023 dengan target pengerjaan sekitar enam bulan. Harapannya, paling cepat ialah Agustus 2024 penyaluran zona dua dari IPA Sitanala sudah bisa dijalani atau terlayani,” katanya.

Sementara itu rincian 51.000 pelanggan yang merupakan hibah Perumdam Tirta Kerta Raharja di empat kecamatan adalah Kecamatan Jatiuwung dengan 1.473 sambungan langganan, Cibodas dengan 15.211 sambungan langganan, Periuk dengan 17.644 sambungan langganan dan Kecamatan Karawaci dengan 16.925 sambungan langganan.

"Dengan adanya dukungan dari Kementerian PUPR kita akan segera memberikan pelayanan penyaluran air bersih kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Perumda Tirta Benteng Tangerang sudah layani 98.000 sambungan air bersih

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023