Perumda Tirta Benteng bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan pelatihan kepada para petugas yang akan mengoperasikan Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala.

Direktur Teknik Perumda Tirta Benteng, Joko Surana di Tangerang, Kamis mengatakan IPA Sitanala akan mengaliri jaringan perpipaan dan sambungan 51.415 rumah di zona dua, yakni Karawaci, Cibodas, Periuk dan Jatiuwung.

"Sebelum pelaksanaan ini dilakukan, petugas diberikan pelatihan dahulu oleh Kementrian PUPR yang memberikan hibah IPA Sitanala kepada Pemkot Tangerang," kata Joko usai kegiatan pelatihan di Ruang SCADA, IPA Sitanala.

Baca juga: Perumda Tirta Benteng Tangerang sudah layani 98.000 sambungan air bersih

Ia melanjutkan, pelatihan akan dilaksanakan selama dua hari mulai dari sistem pengoperasian pada komputer hingga pengoperasian secara langsung pada mesin-mesin yang mengatur IPA Sitanala.

Sehingga, pengoperasian SCADA pada IPA Sitanala dengan kapasitas 500 liter per-detik dapat dilakukan secara maksimal.

"Dua hari ini tentunya target kami apa yang menjadi materi dari Kementerian PUPR dapat diserap dan diterima oleh para petugas atau operator yang akan mengoperasikan SCADA," ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya pelatihan SCADA dan hibah perpipaan serta pelanggan dapat berjalan dengan lancar. Perumda Tirta Benteng juga akan terus memaksimalkan pelayanan yang terbaik pada pelanggan.

"Kami akan siapkan seluruh peralatan dan fasilitas yang terbaik dan handal. Diharapkan, dengan diterimanya hibah pelanggan ke depannya pelayanan kami tidak akan menurun dan dapat menjadi lebih baik dari yang sebelumnya," ujarnya.

Baca juga: PDAM Tirta Banteng diminta lakukan pembaruan teknologi pengelolaan air

Perlu diketahui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala dengan kapasitas 500 liter per detik dan telah dihibahkan ke Pemkot Tangerang untuk melayani kebutuhan air bersih.

Kemudian Pemkot Tangerang juga menerima hibah sarana prasarana serta 71 ribu pelanggan Perumdam Tirta Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang. Pada tahap satu, telah diserahkan 20.000 pelanggan yang masuk dalam zona satu.

Kemudian sisanya yakni 51.000 pelanggan yang masuk dalam zoba paling lambat September 2024. Namun Perumda Tirta Benteng diminta harus lebih dulu melengkapi sarana prasarana pendukung IPA Sitanala diantaranya melatih petugas.

Baca juga: Operasi gabungan, Satpol PP Kota Tangerang sita 373 botol minuman keras

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023