Petugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Banten, melakukan pengecekan puluhan pohon setiap harinya sebagai antisipasi tumbang saat hujan dan angin kencang.

"Setiap hari puluhan pohon cek dan kita lakukan perawatan. Jika dianggap rawan tumbang, kita langsung lakukan pemangkasan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh, di Tangerang, Selasa.

Berdasarkan data yang dihimpun, dampak cuaca ekstrem pada Sabtu (6/1) hingga Minggu (7/1) yang melanda Kota Tangerang, mengakibatkan 28 pohon tumbang.

Baca juga: Dinkes Tangerang pastikan layanan vaksinasi COVID-19 di RSUD hingga puskesmas

Rizal menambahkan sudah menyiagakan 79 orang petugas siaga 24 jam secara shift untuk kegiatan pemangkasan atau perawatan pohon-pohon di Kota Tangerang.

Adapun petugas tersebut terdiri atas 19 orang petugas di tim penebangan dan 60 petugas di tim evakuasi atau brigade. Selain itu, juga menyiagakan mobil skylift dan mesin pemotong.

“Kami juga mengimbau masyarakat Kota Tangerang atau pengendara lalu lintas untuk lebih berhati-hati dalam berkendara saat hujan lebat turun. Jangan berteduh di bawah pohon atau reklame yang berpotensi tumbang dan mencelakai diri sendiri. Saat berkendara, pastikan fokus dan kesehatan fisik dalam kondisi prima,” katanya.

Baca juga: Kegiatan budaya dan wisata, Pemkot Tangerang libatkan masyarakat

Disbudpar Kota Tangerang juga membuka permohonan pemangkasan pohon di jalur pemukiman warga. Hal ini ditujukan untuk meminimalisasi  potensi pohon tumbang saat hujan dan angin kencang melanda.

Permohonan pemangkasan pohon secara gratis ini bisa melalui LAKSA pada aplikasi Tangerang LIVE atau whatsapp ke nomor 0811-1500-293.

Selain itu, permohonan juga bisa diajukan melalui pesan Instagram ke akun @tamankita.tng atau bersurat langsung ke Disbudpar Kota Tangerang.

“Jika melihat pohon yang sangat rimbun atau pohon yang berpotensi tumbang segera laporkan. Petugas akan memilah mana yang skala prioritas untuk ditangani. Tetapi semua akan dilayani secara berkala dan terjadwal, setiap harinya petugas dan alat disiagakan,” kata Rizal.

Baca juga: Dinkes Tangerang pastikan layanan vaksinasi COVID-19 di RSUD hingga puskesmas

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024