Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan menyiapkan berbagai ajang atau kegiatan besar di Plaza Shinta sebagai relokasi pedagang Pasar Anyar untuk meningkatkan daya kunjung pembeli.

"Pemkot Tangerang akan mengadakan undian untuk para pembeli, membuka gerai UMKM, dan mengadakan kegiatan-kegiatan besar di Plaza Shinta," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Tangerang Yeti Rohaeti dalam keterangan di Tangerang, Sabtu.

Kebijakan lain yang disiapkan Pemkot Tangerang adalah melengkapi fasilitas, merekayasa rute transportasi umum, sampai dengan mengadakan berbagai kegiatan yang tersentralisasi

"Pemkot Tangerang berharap lewat beberapa rencana kebijakan tersebut mampu menjaga ekosistem niaga serta mensukseskan proses relokasi sementara para pedagang Pasar Anyar menuju Plaza Shinta dan Mall Metropolis Town Square dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Baca juga: Pedagang Pasar Anyar Tangerang segera direlokasi ke Plaza Shinta

Yeti menambahkan Plaza Shinta dipilih menjadi salah satu lokasi relokasi para pedagang Pasar Anyar karena dinilai strategis dan memiliki lahan yang cukup luas. Selain itu juga akses yang mudah dengan banyaknya transportasi umum yang lalu lalang di Plaza Shinta.

Tak hanya itu Yeti mengungkapkan telah membuat layout untuk para pedagang yang akan direlokasikan, seperti zona 1 dan zona 2 di lantai 1 yang di peruntukan penjual sembako, sayur mayur, dan buah-buahan.

Sedangkan zona 3 di lantai 2 di peruntukan penjual pakaian serta aksesoris. Lalu zona 4 di lantai 3  untuk penjual makanan dan minuman. Lalu zona 5 yang berada di luar gedung atau parkiran untuk penjual daging.

“Kami terus memaksimalkan agar para pedagang tidak berjuang sendirian untuk mendapatkan tempat berjualan saat revitalisasi Pasar Anyar berlangsung. Tentunya kami terus berupaya memberikan fasilitas yang terbaik untuk para pedagang dan kenyamanan pembeli,” katanya.

Baca juga: Pj Wali Kota Nurdin minta siapkan fasilitas penunjang relokasi Pasar Anyar

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Anyar H. Zen menyatakan dukungannya terhadap Program Revitalisasi Pasar Anyar. Mereka menyambut baik rencana pemerintah untuk meningkatkan kualitas pasar dan daya saing pedagang.

"Kami mendukung dan yakin dengan revitalisasi Pasar Anyar ini akan menjadi pasar yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi para pembeli untuk berbelanja. Dan tentunya, dapat bersaing dengan pasar-pasar modern," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang pastikan revitalisasi Pasar Anyar sesuai aturan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024