Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Banten mengusulkan empat lokasi normalisasi sungai di Kota Serang, Banten, untuk tahun ini.
 
Kepala BBWSC3 I Ketut Jayada di Serang, Kamis, mengatakan untuk usulan kegiatan tahun ini pada bidang sumber daya air, yakni terkait dengan normalisasi sungai di Kota Serang.
 
"Untuk usulan kegiatan tahun 2024 bidang sumber daya air pertama normalisasi Kali Sultan Karangantu, kedua revitalisasi Bendung Karet Sungai Cibanten, ketiga normalisasi anak Sungai Cibanten dan yang terakhir adalah pembangunan jaringan irigasi tersier di kawasan sentra produksi pangan" ujarnya.

Baca juga: Pemkot Serang mulai survei lokasi pembangunan jembatan layang
 
Ia mengatakan selama 2023 sudah melakukan normalisasi Sungai Cibanten dengan melakukan pelebaran Sungai Cibanten sekitar tiga kilometer dari target 10 km.
 
“Sudah terlihat airnya juga surut umpama kapasitas sungainya sudah menjadi besar, ini upaya kita bersama mudah-mudahan tidak terjadi banjir lagi,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya mengusulkan anggaran kembali ke pemerintah pusat untuk melanjutkan proyek normalisasi Sungai Cibanten.

Baca juga: Bupati Ratu Tatu resmikan kantor Kemenag Serang
 
Penjabat Wali Kota Serang Yedi Rahmat mengatakan koordinasi ini sebagai awal langkah pemkot dalam memohon bantuan infrastruktur kepada Dirjen Sumber Daya Air PUPR Pusat melalui BBWSC3.
 
"Adapun rencana bantuan bendungan air yang akan dibangun yaitu Bendungan Karet yang memiliki mekanisme yang sesuai dengan Sungai Cibanten," katanya.
 
Terkait dengan rumah-rumah warga di sekitar sepadan sungai, ia mengatakan, Pemkot Serang akan meninjau kembali kondisi masyarakat di lapangan untuk dianalisa meski ada alternatif, yaitu relokasi di rumah susun.

Baca juga: Di Kodim 0602/Serang, Danrem 064/MY ingatkan netralitas dalam pemilu

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024