Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Tangerang memastikan stok beras mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah itu selama Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Bulog cabang Tangerang Omar Syarif di Tangerang, Selasa mengatakan bahwa stok beras yang dimilikinya saat ini ada sebanyak 14 ribu ton.

"Mengenai stok yang dimiliki dikuasai oleh Bulog cabang Tangerang pada saat ini kurang lebih sekitar 14.000 ton. Kondisi ini akan bertambah karena ada pemasukan dari pelabuhan khususnya untuk beras," katanya.

Menurut dia, dengan ketersediaan stok beras yang ada dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah Tangerang Raya. Bahkan, pihaknya tengah menambah stok beras untuk memenuhi kebutuhan selama beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Kebutuhan beras di Kota Serang meningkat jelang Natal dan tahun baru

Ia juga menjelaskan, mengenai masalah harga beras kini sudah mengalami penurunan. Dimana, kisaran harga saat ini sudah mendekati harga HET, yakni Rp10 ribu/kilogram untuk beras jenis medium.

"Kecuali untuk jenis premium, harganya berkisar Rp14 ribu/kilogram. Karena, beras premium sesuai dengan mekanisme pasar, dimana yang diminati masyarakat sesuai dengan hukum ekonomi," terangnya.

Dia mengaku, khusus untuk beras medium yang ditangani Bulog, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan seperti bazar pangan, operasi pasar. Kemudian ada bantuan pangan yang diberikan kepada penerima manfaat.

Baca juga: Menembus hutan demi menjemput beras bantuan

"Sebanyak 10 kilogram/Kepala Keluarga sudah masif dilakukan sejak sejak bulan Oktober, November dan Desember. Bahkan diawali bulan September dilakukannya," ungkapnya.

Ia menegaskan, jika dari stok 14 ribu ton beras itu bila dilihat realisasi penyalurannya, kurang lebih ada 1.000-2.000 ton/bulan. Oleh sebab itu, stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan bisa terpenuhi hingga tujuh bulan ke depan.

"Semoga stok beras 14 ribu ton ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tiga wilayah (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan) menjelang Nataru ini. Jadi saya rasa bakal mencukupi," pungkas dia.

Baca juga: Hadapi Natal, Pemkot Serang tinjau stok dan harga bahan pokok

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023