Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memberikan instruksi kepada Dinas PUPR untuk mengecek ulang dan memastikan pompa pengendali banjir beroperasi secara baik saat dibutuhkan karena saat ini sudah musim hujan.

"Harus dipastikan terus ya agar pompa pengendali banjir bisa beroperasi saat dibutuhkan. Jadi harus terus dijaga, dipantau supaya berfungsi secara optimal," kata dia saat memantau pompa air di Situ Bulakan, Kecamatan Periuk bersama Kepala Dinas PUPR Ruta Ireng di Tangerang, Sabtu.

Ia mengatakan hujan dengan intensitas rendah, sedang, maupun tinggi telah mengguyur sejumlah tempat di Kota Tangerang dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Alun-alun Periuk jadi sarana perkuat jalinan sosial warga

Sebagai bentuk upaya mitigasi sekaligus antisipasi muncul genangan, ia meninjau sejumlah infrastruktur pengendali banjir, salah satunya pompa air di Situ Bulakan.

Khusus untuk wilayah Periuk, kata dia, air harus disalurkan dengan cepat agar tidak ada antrean air, terutama di sekitar Situ Bulakan.

Pada kegiatan itu, Wali Kota Arief juga meninjau sistem drainase di proyek pembangunan sport center di Kawasan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci.

"Tolong dipastikan lagi jarak turapnya agar tidak mengganggu saluran irigasi dan airnya tidak masuk ke area sport center. Dan untuk lapangan bola juga harus dipastikan drainase cell-nya terpasang semua di bawah rumput sintetisnya sehingga kalau hujan airnya cepat meresap dan tidak menggenangi lapangan," katanya.

Baca juga: Masjid Al-Ittihad Tangerang gelar safari dakwah selamatkan yatim Palestina

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng mengatakan seluruh pompa pengendali banjir sudah siap digunakan didukung petugas bersiaga 24 jam untuk memantau ketinggian air di sungai.

Pihaknya telah melakukan pembangunan pintu air, peningkatan dan pembangunan saluran drainase, normalisasi sungai, sistem pompanisasi, hingga pembangunan kolam retensi.

Selain itu, katanya, menciptakan aplikasi Pos Duga TMA (Tinggi Muka Air).

Baca juga: YDMI bersama 350 penyandang disabilitas kampanyekan inklusivitas

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023